Yuk, Simak Makanan Untuk Kesehatan Reproduksi Berikut

Makanan Untuk Kesehatan Reproduksi

Menjaga kesehatan organ reproduksi sangatlah penting, terutama jika Anda berencana untuk memiliki keturunan di masa depan. Untuk itu Anda perlu benar-benar memastikan bahwa Anda menjalani gaya hidup yang baik dan menyehatkan, karena percaya tak percaya, gaya hidup Anda berperan besar dalam menentukan kesehatan organ reproduksi. Tidak hanya menjauhi merokok dan minum minuman keras, memperhatikan pola makan juga sangat penting jika Anda ingin memiliki organ reproduksi yang sehat. Yuk Moms, simak beberapa makanan untuk kesehatan reproduksi berikut ini.

  • Makanan Dengan Karbohidrat Kompleks

Salah satu jenis makanan untuk kesehatan reproduksi yang perlu Anda konsumsi mulai dari sekarang adalah makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks. Dalam hal ini berarti Anda perlu mengganti produk karbohidrat olahan seperti nasi putih, mie instant, dan roti putih menjadi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, jagung, kentang, labu, dan lain sebagainya. Karbohidrat kompleks bermanfaat untuk membantu menjaga kestabilan kadar gula darah dan insulin, dimana keduanya secara tidak langsung turut berperan dalam kesehatan organ reproduksi dan kesuburan. baca juga:  Manfaat Beras Merah Untuk Kehamilan

  • Makanan Dengan Kandungan Kolin

Kolin merupakan zat makanan yang mampu membantu tubuh untuk menyerap asam folat secara maksimal. Tubuh yang memiliki asam folat yang cukup akan dapat mendukung kehamilan dan perkembangan janin, terutama saat tahap prakonsepsi, atau penempelan sel telur yang dibuahi di dinding rahim. Untuk mendapatkan asupan kolin, Anda dapat menemukanna di dalam telur, daging sapi, oatmeals, hati ayam, kacang kedelai, bayam, dan lain sebagainya.

  • Teh Hijau

Teh hijau telah lama diketahui manfaatnya dalam membantu Anda menjalankan program diet. Selain itu, teh hijau juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membantu membentengi tubuh dari serangan radikal bebas penyebab kanker. Sedangkan bagi Anda yang mengidamkan masa kehamilan, teh hijau mampu membantu mereduksi kemungkinan terbentuknya sel abnormal (fibroid) di dalam dinding rahim yang dapat mengakibatkan masalah pada kesuburan.

Untuk merasakan manfaat dari teh hijau untuk kehamilan yang sukses, Anda dapat mengkonsumsi segelas teh hijau tawar secara teratur, selama kurang lebih sekitar 8 minggu.

  • Makanan Dengan Lemak Omega 3

Kualitas sel telur yang buruk juga bisa menjadi penyebab dari ketidaksuburan, namun bukan berarti hal tersebut tidak dapat diperbaiki. Anda dapat memperbaiki kualitas sel telur Anda dengan rajin mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya akan lemak omega 3. Lemak omega 3 merupakan asam lemak, atau lemak baik yang tidak hanya berfungsi untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan kerja insulin, tetapi lemak tersebut juga dapat memberikan nutrisi yang baik untuk meningkatkan kualitas sel telur sehingga memungkinkan terjadinya pembuahan.

Lemak omega 3 dapat ditemukan di dalam ikan-ikan laut, minyak zaitun, alpukat, dan sayuran hijau.

Demikianlah beberapa informasi mengenai makanan untuk kesehatan reproduksi. Semoga bermanfaat bagi Anda, ladies.

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Simak Makanan Untuk Kesehatan Reproduksi Berikut"