2 Komponen Pokok Kebutuhan Nutrisi Balita

nutrisi pada balitaNutrisi Pada Balita – Gizi merupakan asupan yang penting bagi tumbuh kembang bayi. Kecukupan gizi untuk bayi akan mendorong perkembangan bayi secara optimal. Sebaliknya kekurangan gizi atau malnutrisi akan menimbulkan berbagai risiko kesehatan bayi, diantaranya hambatan pertumbuhan tulang, lemah otot, degeneratif otak serta gangguan mental. Orang tua harus memahami standar kebutuhan gizi bayi yang harus terpenuhi.

Di usia 0 hingga 6 bulan, sumber gizi bayi adalah air susu ibu (ASI). ASI mengandung gizi yang sangat lengkap sehingga sudah mencukupi standar kebutuhan gizi bayi. Sementara bagi bayi di usia lebih dari 6 bulan memerlukan asupan makanan pendamping ASI sebagai tambahan sumber gizi bayi.

Ada 2 komponen pokok dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi bayi, yaitu Zat Besi dan protein Hingga usia 12 bulan, bayi mengalami pertumbuhann yang sangat pesat. Kalori merupakan gizi untuk bayi yang sangat vital di masa ini. Kalori sangat diperlukan oleh tubuh bayi sebagai tenaga untuk melakukan aktifitas hariannya juga untuk menjaga metabolisme tubuhnya

  1. Zat Besi
    Ini merupakan salah satu nutrisi bagi tumbuh kembang anak. Mineral ini diperlukan oleh tubuh untuk pembentukan sel-sel darah merah. Kekurangan zat besi pada anak akan mengakibatkan anemia meskipun pada faktanya hal tersebut sangat langka terjadi pada masa anak-anak. Asupan zat besi bisa kita dapatkan dari daging merah, kacang-kacangan, hati maupun sereal. Penyerapan zat besi akan lebih optimal jika sumber makanan yang diambil dari jenis non daging.
  2. Protein
    Ini merupakan salah satu hal terpenting dalam menunjang proses tumbuh kembang pada anak-anak. Protein berfungsi untuk mengatur sistem metabolisme yang ada dalam tubuh serta memperbaiki sel-sel yang rusak di dalam tubuh. Tidak salah jika kebutuhan protein harian seorang anak lebih tinggi bila dibandingkan dengan orang yang sudah dewasa karena perkembangan sel pada masa anak-anak sedemikian cepatnya bila dibandingkan dengan orang dewasa. Asupan protein bisa kita peroleh dari daging, sayur-sayuran dan ikan, terutama ikan laut.
No Response

Leave a reply "2 Komponen Pokok Kebutuhan Nutrisi Balita"