3 Hal Dalam Pembentukan Karakter Anak

No comment 1584 views

3 Hal Dalam Pembentukan Karakter Anak

Karakter Anak – Pada dasarnya setiap orangtua mendambakan anak cerdas dan berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari. Namun, anak juga tak bisa tumbuh sendiri. Peran orangtua dibutuhkan, terutama dalam membentuk karakter anak.

Orangtua memiliki peranan penting dalam pengembangan karakter anak. Mulai dari ucapan yang dilontarkan, tingkah laku, serta pemikiran dalam pengelolaan rasa. Untuk itu, jika orangtua ingin menciptakan atau membentuk katakter positif, harus dimulai dengan usaha konsisten.

Dalam mendidik anak terutama untuk pembentukkan karakter-karakter anak, sebaiknya orangtua harus sesuai dengan aturan yang dijalankan. Usahakan jangan tarik ulur aturan yang telah Anda tetapkan. Ini agar anak dapat mengerti. Sikap tegas dalam hal ini amat dibutuhkan suapay karakter anak terbentuk.

Oleh karena itu Anda sebagai orangtua tentunya memiliki tanggung jawab besar pada perkembangnan karakter anak. Terkait hal tersebut, pembentukan karakter anak, tergantung pada bagaimana cara orangtua mendidiknya.

Mungkin ada 3 hal kacil yang dapat membantu Anda dalam mendidik karakter-karakter anak Anda :

  • Gunakan bahasa karakter. Anak-anak sulit mengembangkan pedoman moral kecuali orang tua menggunakan bahasa yang jelas dan lugas mengenai bahasa/tingkah laku baik dan buruk. Selalu terangkan kepada mereka mana yang boleh dan mana yang tidak boleh.
  • Letakan tugas dan kewajiban orang tua sebagai agenda nomor satu. Hal ini adalah sulit pada jaman moderen yang penuh dengan persaingan. Orang tua yang baik akan secara sadar merencanakan dan memberikan waktu yang cukup untuk tugas keayah-bundaan (parenting). Mereka meletakan agenda “pendidikan karakter/moral” anak pada prioritas tertinggi.
  • Mungkin ini adalah hal yang paling terpenting, memerikan hukuman dengan kasih sayang adalah cara bijak tetapi jangan dengan cara kasar atau sampai memukul anak Anda. Banyak orang tua yang memanjakan anak dan mempunyai anak yang sulit diatur.
  • Anak-anak memerlukan batas atau rambu-rambu. Kadang-kadang mereka melanggar batas. Hukuman yang mendidik adalah salah satu cara manusia untuk belajar. Anak-anak harus mengerti fungsi hukuman dan menyadari sumbernya bahwa hukuman adalah berasal dari cinta kasih orang tua. Namun hukuman tidak boleh diberikan secara berlebihan.
author
No Response

Leave a reply "3 Hal Dalam Pembentukan Karakter Anak"