5 Tahap Perkembangan Bayi yang Harus Diperhatikan!

5 Tahap Perkembangan Bayi yang Harus Diperhatikan!

Tahap perkembangan bayi – Bayi memiliki proses pertumbuhan dan perkembangan secara cepat setiap bulannya. Hal ini merupakan peristiwa menyenangkan yang akan selalu dikenang oleh ibu. Tentunya sebagai ibu Anda merasa bangga jika melihat anak tumbuh dan berkembang dengan baik. Ketahui tahap perkembangan bayi mulai dari gerak refleknya hingga kemampuan kognitif yang terjadi pada bayi Anda.

Tahap perkembangan bayi dibawah 2 tahun

1. Tengkurap

Bayi akan mulai belajar tengkurap ketika memasuki usia 2 hingga 4 bulan. Tengkurap ini ditandai dengan gerakan bayi yang mulai miringkan badannya pada usia 1,5 bulan hingga 2 bulan. Ketika otot lehernya semakin kuat untuk menyangga badannya, maka bayi akan mulai bisa menggulingkan badannya pada satu sisi.

Bayi mulai bisa tengkurap pada usia 3 sampai 4 bulan namun biasanya tidak bisa langsung berbalik ke posisinya semula. Kemudian pada usia 5 hingga 6 bulan saat bayi sudah mahir mengangkat kepalanya saat tengkurap, dia akan semakin mahir pula mengembalikan posisinya semula setelah tengkurap.

2. Mengangkat kepala

Pada awalnya bayi akan mulai bisa mengangkat kepalanya sebesar 45 derajat saat usianya memasuki 2 bulan. Diusia ini sebaiknya bayi dibiasakan dipangku dengan posisi tengkurap untuk melatih kekuatan otot lehernya. Bayi usia 4 bulan akan semakin mahir mengangkat kepalanya hingga 90 derajat saat tengkurap. Saat telentang pun bayi akan sering menengadahkan kepalanya mencari-cari sumber suara yang menarik perhatiannya.

3. Merespon

Tahap perkembangan bayi yang berikutnya yaitu mulai bisa merespon orang yang mengajaknya bicara atau bermain, hal ini akan terjadi ketika bayi berusia 4 sampai 5 bulan. Mereka akan memekik gembira dengan mengeluarkan suara dengan nada tinggi jika melihat sesuatu yang membuatnya senang.

Di usia 4 bulan ke atas, bayi akan semakin sering “berkomunikasi” dengan orang-orang di sekitarnya dengan suara-suara yang mereka keluarkan. Anda bisa mengajak bayi untuk bercanda dan mengajaknya “bicara” untuk membuat hatinya senang.
4. Memegang sesuatu

Di usia 4 atau 5 bulan tahap perkembangan bayi, mereka mulai dapat memegang sesuatu seperti mainan dan makanan. Bayi mulai bisa meraih benda jika Anda memberikan benda kepadanya. Pada usia ini bayi akan lebih senang menggenggam jemari – jemari Anda, dan genggamannya semakin kuat di usia 5 bulan dan sulit untuk dilepaskan. Lalu pada usia 7 sampai 8 bulan kemampuan memegangnya semakin berkembang.

Kedua tangannya dapat digunakan sekaligus untuk melakukan dua hal yang berbeda. Misalnya satu tangan memegang satu benda dan tangan lainnya akan digunakan untuk meraih benda yang lain jika diberikan benda lainnya tanpa melepaskan benda yang ada di tangan satunya.

5. Merangkak

Bayi akan mulai dapat merangkak ketika usianya 7 hingga 8 bulan. Saat bayi sudah dapat tengkurap, bayi akan semakin belajar mengangkat badan dan tangannya untuk digerakkan dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Kemampuan merangkak ini akan semakin berkembang yang merupakan awal berjalan menggunakan kedua kakinya pada usia 12 sampai 13 bulan.

Itulah tahap perkembangan bayi yang harus Anda perhatikan sebagai ibu yang menyayangi anaknya. Memang sebagian bayi akan mengalami keterlambatan namun hal itu adalah wajar. Baca juga : Makanan Sehat Yang Berguna Untuk Perkembangan Bayi

author
No Response

Leave a reply "5 Tahap Perkembangan Bayi yang Harus Diperhatikan!"