5 Tahap Pertumbuhan Gigi Bayi

No comment 1626 views

gambar6

tahap tumbuh gigi bayi – Kapankah gigi bayi mulai tumbuh ? Gigi pertama bayi akan mulai tumbuh sejak bulan keempat hingga ketujuh . Biasanya pertumbuhan gigi pada bayi diawali dengan gigi seri didepan, digusi atas ataupun bawah kemudian diikuti dengan bertumbuhnya gigi dibagian samping . Sebelum gigi sikecil tumbuh mereka akan menimbulkan beberapa gejala dan tahap – tahap . Berikut adalah gejala dan tahap tumbuh gigi bayi yang perlu bunda ketahui :

Tahap serta gejala pada pertumbuhan gigi bayi

  • Tahap pertama (usia 0 – 6 bulan)

Bayi terlahir dengan formasi pertumbuhan gigi yang lengkap yaitu 20 gigi . Gigi tersebut lebih sering disebut dengan gigi susu mengapa disebut dengan gigi susu ? karena pada masa ini susu merupakan makanan utamanya . Gigi sikecil akan tumbuh pertama pada usia empat bulan . Akan muncul beberapa gejala saat gigi pertamanya tumbuh yaitu sikecil akan mengalami demam, sering menangis dan suka menggigit sesuatu yang keras . Untuk mengurangi rasa tidak nyaman seperti itu bunda dapat meletakkan ibu jari bunda pada gusinya dan pijat secara perlahan . Jika sikecil mengalami demam lebih tinggi maka segera hubungi dokter .

  • Tahap kedua (usia 6 – 10 bulan)

Pada masa ini sikecil telah memiliki gigi susu pertamanya . Gigi susu pertama kali muncul ini dibagian seri depan bagian atas dan bawah . Diperiode inilah sikecil juga akan banyak mengeluarkan air liur dibandingkan sebelumnya . Untuk itu pakailah alas dada yang terbuat dari handuk yang lembut agar bisa digunakan bunda untuk membersihkan air liurnya . Untuk merawat gigi barunya sikatlah giginya menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut dan telah dibasahi oleh air . Jangan gunakan pasta gigi terlebih dahulu pada usia ini .

  • Tahap ketiga (usia 10 – 16 bulan)

Pada usia ini, gigi geraham sikecil sudah mulai tumbuh . Gejala pada tahap ini hampir sama dengantahap sebelumnya namun air liur yang dikeluarkan oleh si kecil akan lebih banyak . dan mereka pun akan lebih rewel karena rasa sakit yang ia rasakan . Untuk bunda jangan khawatir apabila si kecil kehilangan nafsu makan dan akan berdamapk pada sistem pencernaannya contohnya diare .

  • Tahap keempat (usia 16 – 22 bulan)

Dalam tahap ini gigi taring sikecil akan tumbuh . Ini adalah gigi yang berbentuk tajam dan berada diantara gigi seri juag geraham dan juga akan tumbuh dibagian atas dan bawah mulut sikecil .

  • Tahap kelima (usia 22 – 33 bulan)

Pada tahap ini gigi geraham sikecil yang terletak dibagian pangkal gusi atas dan bawah akan tumbuh . Banyak anak yang merasa ini adalah tahap pertumbuhan gigi yang paling sakit .

 

Itulah beberapa tahap tumbuh gigi bayi yang wajib bunda ketahui . Janganlah terlalu khawatir pada buah hati anda apabila dia demam ataupun menangis secara terus menerus karena itu merupakan slah satu gejala yang dialami sikecil saat gigi mereka akan tumbuh . Bunda juga perlu ingat lakukanlah hal – hal yang membuat bayi merasa saat nyaman saat gigi mereka tumbuh . Baca juga 5 Tahap Perkembangan Bayi yang Harus Diperhatikan!

author
No Response

Leave a reply "5 Tahap Pertumbuhan Gigi Bayi"