8 Rahasia Cara Merangsang Perkembangan Otak Anak

8 Rahasia Cara Merangsang Perkembangan Otak Anak

Cara merangsang perkembangan otak anak – Siapa yang tidak menginginkan mempunyai anak yang cerdas? Tentu saja mempunyai anak yang cerdas merupakan dambaan bagi setiap orang tua. Anak yang cerdas harus dirangsang otaknya agar berkembang dengan baik. Pola asuh orang tua mempengaruhi perkembangan otak anak yang signifikan, untuk itu sebagai orang tua perlu memaksimalkan kecerdasan otak anak setiap tahapnya.

Sebenarnya bunda bisa merangsang perkembangan otak bayi dalam kandungan artinya sejak dini, bahkan ketika bayi dalam perut harus diberi rangsangan dengan nutrisi yang baik dari makanan yang mengandung Omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak bayi. Selanjutnya merangsang perkembangan otak anak dilakukan setelah bayi dilahirkan dengan menggunakan cara merangsang perkembangan otak bayi yang tepat anak dapat tumbuh menjadi cerdas. Untuk itu berikut cara merangsang perkembangan otak anak yang harus Anda ketahui.

Tips cara merangsang perkembangan otak anak

1. Berikan bayi pijatan yang lembut dan santai karena pijatan yang Anda berikan dapat merangsang perkembangan otak bayi agar saling terhubung.

2. Melakukan senam bayi seperti menggerak – gerakan tangan secara menyilang dan gerakan kaki seperti mengayuh sepeda juga dapat memberi stimulasi untuk otak anak. Lakukan gerakan tersebut beberapa kali dan jangan terlalu lama.

3. Ajak bayi untuk berkomunikasi dengan memberitahukan kegitan apa yang sedang Anda lakukan, hal ini dapat mengajarkan anak untuk berbicara.

4. Nyanyikan anak setiap hari dengan lagu yang sama hal ini bertujuan agar bayi belajar memprediksi dan menghafal lagu yang Anda bawakan.

5. Cara merangsang otak anak 1 tahun dapat dilakukan dengan cara memberikan buku bergambar dengan warna – warna yang kontras namun jangan langsung dihadapkan dengan dua gambar yang berbeda agar anak tidak bingung.

6. Setiap 30 menit sekali pindalah posisi anak agar dia dapat melihat benda – benda yang ada disekelilingnya dengan sudut pandang yang berbeda.

7. Berikan anak benda – benda atau maian yang bertekstur untuk disentuh untuk merangsang indera perabanya, selain itu beri juga anak gigitan bayi yang aman supaya ia juga mengenal tekstur dari lidahnya. Ajak anak bermain rattle untuk melatih pendengaranya, pindah – pindahkan posisi rattle agar bayi dapat menentukan dimana asal sumber bunyinya.

8. Ajak anak pergi keluar rumah seperti ke taman atau mengunjungi saudara Anda agar dia mengenali dunia yang ada disekitarnya.

Itulah cara merangsang perkembangan otak anak yang dapat Anda lakukan sejak ia masih bayi. Merangsang perkembangan otak anak harus sedini mungkin karena bayi yang baru lahir memiliki 100 miliyar sel otak yang sudah tergabung dan berakhir ketika usianya 3 tahun. Baca juga : Pengobatan Ampuh Batuk Pilek Balita Alami!

author
No Response

Leave a reply "8 Rahasia Cara Merangsang Perkembangan Otak Anak"