Apa Bunda Sudah Tau Fungsi Gigi Susu Pada Anak?

Apa Bunda Sudah Tau Fungsi Gigi Susu Pada Anak?Gigi susu anak – gigi susu adalah gigi sementara pada anak yang nanti akan tanggal dan diganti oleh gigi tetap. Gigi susu atau ada pula yang menyebutnya gigi sulung berperan penting untuk perkembangan rahang dan erupsi atau pertumbuhan gigi tetap. Normalnya anak-anak mempunyai 20 gigi susu yang terdiri dari 10 gigi dirahang atas dan 10 gigi dirahang bawah.

Gigi susu diharapkan sudah tumbuh lengkap pada saat anak berusia 2 tahun. Kadang-kadang, adabayi yang usianya belum genap enam bulan giginya sudah mulai tumbuh, atau ada juga anak sudah menginjak satu tahun giginya belum tumbuh sama sekali.

Kondisi seperti ini tidak perlu dirisaukan karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan gigi misalnya nutrisi, hormonal, ataupun keturunan (faktor genetik). Ada kasus anomali dimana tidak ditemukan benih gigi pada rahang anak sehingga selamanya gigi tidak akan tumbuh (namun kasus ini jarangsekali).

Gigi susu mempunyai banyak fungsi bagi anak, berikut paparan fungsi gigi bagi anak:

1. membantu kelancaran pertumbuhan gigi permanen.
Gigi sulung sebaiknya dipertahankan selama mungkin sampai tiba waktunya untuk tanggal sendiri, mengapa? Gigi susu memberikan ruang kepada gigi permanen yang akan tumbuh di bawahnya, gigi permanen tentunya berjumlah lebih banyak dari gigi susu dan ukurannya juga lebih besar. Pencabutan yang terlalu awal akan menyebabkan berlangsungnya pergeseran posisi gigi. Akibatnya, gigi tetap / permanen yang akan tumbuh tak akan memper ruang cukup dan akan tumbuh gigi tetap dengan susunan gigi berjejal

2. Gigi sebagai pengunyahan
Kebanyakan anak yang sedang sakit gigi akan menjadi malas untuk mengunyah makanan. Hal ini berdampak pada kebutuhan kebutuhan gizi anak yang berada pada masa pertumbuhan

3. Gigi sebagai kecantikan
Anak yang mempunyai gigi yang utuh akan terlihat cantik atau tampan. Yang perlu di garis bawahi adalah beban psikologis sang anak, saat teman teman mongolok ngolok dengan sebutan “ompong” itu kan menjadi beban bagi anak

4. Gigi sebagai fungsi bicara
Gigi berperan dalam pengucapan huruf-huruf tertentu seperti F,V,S,Z,Th. Ketika gigi depan hilang atau rusak berat maka pelafalan beberapa huruf akan kurang tepat.

Nah, Mulai sekarang Ayah & Bunda perhatikan gigi anak anda ya. Karena kesehatan giginya adalah kebahagiaan anda juga bukan? Dan ingat, pertumbuhan dan perkembangan anak juga dipengaruhi oleh kesehatan giginya.

Baca Juga Cara Merawat Gigi Balita Agar Tidak Berlubang

author
No Response

Leave a reply "Apa Bunda Sudah Tau Fungsi Gigi Susu Pada Anak?"