Aturan Ini Berikan Pada si Kecil yang Suka Main Gadget

tumbuh kembang balita

Tumbuh kembang balita – Halo Bun, apa kabar si Kecil saat ini? Aktivitas apa yang ia suka? Tak dipungkiri lagi, kemajuan zaman yang makin pesat ini membuatnya lebih tertarik dengan gadget ketimbang main dalam rumah. Namun, terlalu gemar main barang canggih ini bisa membuatnya lupa akan pertumbuhan yang seharusnya. Jika hal ini dibiarkan terus-terusan dapat mengganggu pertumbuhan fisik dan sosialnya.

Gadget merupakan salah satu alat komunikasi canggih yang bisa dimainkan dengan duduk diam saja. Si Kecil yang seharusnya aktif bergerak dan berkumpul dengan teman-temannya, memilih untuk diam di dalam rumah dan bermain gadget. Prestasi si Kecil pun bisa terancam menurun karena waktu belajarnya tersita.

Orang tua memang ingin memberikan hal yang terbaik untuk anaknya. Tetapi, semua itu harus dibarengi dengan pertimbangan yang matang. Membelikan gadget untuk anak memang bukan suatu yang salah karena benda ini sudah menjadi bagian hidup dari manusia modern. Namun, jika tumbuh kembang balita terganggu, apa hal ini masih dianggap wajar?

Jangan anggap remeh si Kecil yang saat ini mulai menunjukkan sikap berontak saat Anda menyita gadget kesayangannya. Hal ini termasuk indikasi pengaruh buruk gadget kepada buah hati tersayang. Segeralah atasi si Kecil yang kecanduan gadget agar tidak makin parah. Tentu, semua orang tua mengharapakan anaknya tumbuh dengan baik kan! Yuk, berikan aturan main gadget untuk si Kecil seperti berikut ini:

  • Memberikan Contoh

Anak tentu saja meniru perilaku orang yang ada disekelilingnya, hal ini berarti Anda sebagai orang tua. Jika ia lebih sering melihat ayah-bunda tak bisa melepas barang tersebut, jangan salahkan si Kecil jika ia juga ikutan seperti itu. Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda tak memegang gadget selama di depannya atau selama ia belum tidur. Hal ini akan memberikan pengertian kepada si Kecil bahwa waktu bersamanya jauh lebih penting dan menyenangkan.

  • Set Batas Waktu

Memberikan batasan waktu untuk bermain gadget merupakan hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko kecanduan. Misalnya, Anda memperbolehkan si Kecil bermain tablet saat akhir pekan dan selama 1-2 jam saja.

Selama ia bermain gadget, jangan lupa untuk mendampinginya dan manfaatkan waktu tersebut untuk belajar sambil bermain. Dengan begitu, dampak negatif terhadap tumbuh kembang balita dapat diminimalisir. Lakukan yang terbaik untuk si Kecil, ya!

author
No Response

Leave a reply "Aturan Ini Berikan Pada si Kecil yang Suka Main Gadget"