Awal Perkembangan Balita Merangkak

No comment 2816 views

Perkembangan BalitaPerkembangan Balita – Saat si kecil baru lahir, si kecil dilengkapi dengan kurang lebih 100 milyar sel sel saraf otak.  Kualitas dan juga kuantitas sel sel  otak ini  tentunya sangat bergantung pada kualitas nutrisi ibu di masa hamil. Pada masa kehamilan, ibu diwajibkan mengalami pertambahan bobot tubuh 20% dari berat ideal sebelum hamil.

Aturan ini untuk memastikan bayi yang dikandung berkembang normal. Agar mencapai berat ini, berarti ibu selama hamil harus mengonsumsi 300 kalori per hari, termasuk 10 – 12 gram protein. Sedangkan untuk perkembangan otak balita, ibu juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan kaya asam lemak essensial seperti DHA dan AA

Setelah lahir, pertumbuhan otak tergantung pada kualitas nutrisi yang didapatkan anak. Sejak 0 – 6 bulan, ASI sebagai satu-satunya sumber makanan bayi adalah nutrisi sempurna untuk menunjang pertumbuhan otak. Inilah yang membuat bayi sangat disarankan mendapatkan ASI eksklusif, jika ibu tidak mengalami gangguan kesehatan atau hambatan penting. Untuk itu selama masa ini Ibu tetap harus mendapatkan nutrisi yang lengkap dan seimbang.

Merangkak adalah awla perkembangan balita atau cara pertama bayi untuk dapat mengeksplorasi sekeliling ruang untuk mempelajari hal-hal baru yang menarik perhatiannya. Cara anak merangkak adalah ketika ia akan belajar keseimbangan melalui tangan dan lututnya kemudian belajar maju mundur mendorong tubuhnya dengan mendorong lututnya.

Kepandaian merangkak ini adalah juga  salah satu cara menguatkan otot-otot yang akan membantunya belajar berjalan. Usia rata-rata anak  belajar merangkak saat ia mulai dapat duduk tanpa bantuan di usia 7-8 bulan. Dia dapat mengangkat kepalanya untuk melihat sekelilingnya dan otot-otot lengan, kaki dan punggungnya cukup kuat untuk mencegahnya jatuh ke permukaan saat ia mencoba bangkit dengan bantuan tangan dan lututnya.

Di usia 9-10 bulan, bayi Anda mencapai kepandaian baru yakni merangkak mundur untuk mengambil ancang-ancang duduk. Si kecil juga menguasai teknik yang lebih maju yaitu “cross-crawling,” gerakan merangkak  menggunakan satu tangan dan satu kaki yang berlawanan (misalnya tangan kanan dan kaki kiri) secara bersamaan.

http://www.ibudanbalita.com/pojokcerdas/perkembangan-balita-dan-protein-untuk-perkembangan-tubuh-anak

No Response

Leave a reply "Awal Perkembangan Balita Merangkak"