Bagaiman sih Cara Buat Anak Cerdas?

No comment 903 views

bayi cerdas

Memiliki anak cerdas tentu menjadi dambaan bagi semua orang tua. Oleh karena itu, semua orang tua berusaha mencukupi semua kebutuhan gizinya dan memlihkan sekolah yang terbaik. Lantas, apakah hal itu sudah cukup untuk meningkatkan kecerdasan anak? Jawabannya tidak. Sebab, banyak hal yang perlu diperhatikan orang tua dalam mendukung perkembangan otak si Kecil. Yuk, simak informasi menarik berikut ini:

  • Memenuhi Kebutuhan Biologis Anak

Bukan hanya kebutuhan fisik saja yang harus dipenuhi dengan baik, tetapi juga kebutuhan biologisnya. Memberikan imunisasi lengkap salah satu contoh bentuk nyata yang membuatnya tumbuh sehat. Jika ia jarang sakit, tentu saja tak akan ketinggalan pelajaran di sekolah dan bisa mengerjakan PR di rumah dengan tenang.

  • Memberikan Kasih Sayang

Hal ini tak dapat dipungkiri lagi pengaruhnya terhadap anak. Ikatan batin antara anak dan orang tua sudah terjalin sejak ia berada di dalam kandungan. Tak heran, jika orang tuanya sedih, ia pun akan merasakan kesedihan pula.

 

Menjaga keharmonisan  keluarga akan membatunya untuk tumbuh menjadi pribadi yang luar biasa. Bahkan, hal ini dapat meningkatkan prestasinya di sekolah. Ketahui, jika perhatian orang tua tidak hanya diwujudkan dalam bentuk materi saja, tetapi menanyakan hal sepele seperti “Bagaimana pelajaran di sekolah?” akan memacu semangat belajar. Tak ada salahnya, jika sesekali Anda memberikan hadiah karena prestasi gemilangnya.

  • Memberikan Stimulasi untuk Tahap Perkembangan Anak

Stimulasi otaknya tidak hanya dilakukan saat dalam kandungan saja, tetapi juga tetap harus dilakukan hingga saat ini. Di dalam rahim, rangsanglah si Kecil dengan mengajaknya menyanyi, bicara, mendengarkan musik klasik, dan mengelus-elus perut.

Saat ia sudah dilahirkan, rangsanglah perkembangan otaknya dengan cara memilihkan mainan edukatif. Namun, Anda pelu ingat jika si Kecil akan mengalami perkembangan secara alami dan orang tua tidak boleh terlalu memaksanya. Hal ini dapat menyebabkan si Kecil stres dan menjadi anak pembangkang.

  • Memberikan Penjelasan Sesuai Usianya

Saat ia mulai lancar bicara, orang tua biasanya dibingungkan dengan sesuatu yang ditanyakan si Kecil. Berikan penjelasan sesuai dengan usianya agar ia mudah memahami. Jangan memberikan penjelasan seperti jawaban orang dewasa karena akan membuatnya bingung.

Nah, itulah empat hal yang bisa membantu meningkatkan kecerdasan anak. Dukunglah pertumbuhan dan perkembangannya dengan baik agar ia tumbuh menjadi anak luar biasa. Anda harus memahami, jika setiap anak memiliki bakat alami yang berbeda satu sama lain. Jadi, jangan paksakan kehendak, ya!

author
No Response

Leave a reply "Bagaiman sih Cara Buat Anak Cerdas?"