Bagaimana Cara Dukung Perkembangan Motorik Anak?

perkembangan anak

Perkembangan Anak– Sebagai orang tua, tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya dalam berbagai hal. Mulai dari memberikan makanan yang bernutrisi, merawatnya dengan baik, hingga memenuhi segala keinginan dan kebutuhannya. Semua dilakukan orang tua agar buah hati tersayang bisa terus riang dan gembira.

Namun, Anda juga harus ingat bahwa ia membutuhkan dukungan untuk dapat memaksimalkan pertumbuhan fisik dan mentalnya. Jangan sampai, semua hal tersebut dapat mengganggu aktivitasnya, misalnya perkembangan motroriknya kurang bagus lantaran Anda sering membelikan mainan yang memaksanya untuk duduk manis. Untuk mencegah hal tersebut, yuk lakukan beberapa cara ini agar perkembangan anak bisa maksimal:

  • Memberikan Kebebasan

Si Kecil memang tidak bisa diam dan cenderung tertarik dengan hal-hal baru yang ada dihadapannya. Oleh karena itu, berikan ia permainan yang bisa membuatnya senang dan bergerak, misalnya kereta dorong, truk manual, dan hewan peliharaan.

Biarkan si Kecil mendorong mainannya tersebut ke mana pun ia mau. Namun, tetap harus berada dalam pengawasan orang tua agar keselamatannya tetap terjaga. Keleluasaan bergerak ini juga menstimulasi ototnya untuk berfungsi secara maksimal dan meningkatkan kemampuan kognitif. Hal ini tentu saja sangat penting terutama ketika ia mulai masuk pra sekolah.

  • Permainan Jari

Untuk merangsang perkembangan motorik tangan, berikan si Kecil permainan tangan, seperti melempar bola dan bermain telepon. Anda juga bisa memutarkan lagu dan mengajaknya untuk bergoyang. Dari kegiatan ini, secara tidak langsung dapat melatihkan koordinasi tangan dan gerakan tubuhnya.

  • Menyimak Suara

Bukan hanya benda bergerak saja yang dapat menarik perhatian si Kecil, suara-suara baru juga bisa membuatnya duduk diam dan mendengarkan dengan seksama. Pilihkan lagu klasik yang memiliki tempo naik turun sehingga bagus untuk merangsang perkembangan otaknya. Selain itu, ajari si Kecil untuk bisa membedakan mana suara mobil, motor, burung berkicau, anjing menggonggong, bel rumah, dan pesawat. Dari sinilah ia akan belajar untuk mengenal lingkungannya dengan baik.

  • Tidur Pulas

Tidu merupakan salah satu bentuk istirahat yang mendukung pertumbuhannya dengan baik. Saat si Kecil kelelahan bermain, biarkan ia untuk tidur dengan pulas dan jagalah selama tidur. Jauhkan kamarnya dari suara bising dan udara panas yang bisa mengganggu tidur pulasnya.

Jika Anda bisa melakukan semua hal di atas dengan baik, maka perkembangan anak bisa maksimal. Berikan ia makanan yang bergizi tinggi agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Berikan yang terbaik untuk membuat si Kecil tumbuh sehat, ya!

 

 

author
No Response

Leave a reply "Bagaimana Cara Dukung Perkembangan Motorik Anak?"