Berat Badan Bayi – Perkembangan Berat Badan dan Aktifitas Pada Bayi

Berat Badan Bayi

Berat Badan Bayi – Diawal kehidupannya, bayi mempelajari lingkungannya sedikit demi sedikit. Sebagai ibu baru pun, ibu masih belajar beradaptasi dengan kebiasaan baru yang berbeda dari sebelumnya. Saat baru lahir sampai kurang lebih 1-2 bulan, kegiatan yang dilakukan anak barulah minum, buang air besar dan kecil, serta tidur.

Namun, kegiatan ini belum tentu merupakan suatu kegiatan yang mudah karena ibu belum beradaptasi. Bayi akan minum setiap 3 jam sekali dan kegiatan minum ini bagi anak merupakan suatu kegiatan yang cukup berat dan melelahkan sehingga sering kali saat sedang minum anak tertidur, atau bayi tidur cukup lama melebihi 3 jam. Saat ini ibu perlu membangunkan anak untuk minum, karena ia belum mengerti tentang lapar dan tidak.

Sebagai ibu baru, ibu akan belajar dan beradaptasi dengan kegiatan menyusui bayi, memandikan anak, dan mengganti popok yang akan dilakukan dengan cukup sering dalam sehari yang harus disesuaikan dengan jadwal makan, minum, dan istirahat ibu sendiri.

Penyesuaian jadwal istirahat serta makan dan minum ibu sangatlah penting pada saat ini untuk menjaga kesehatan ibu serta untuk menjamin kecukupan produksi susu ibu. Selain itu, ibu juga perlu memantau penurunan berat badan pada bayi dan kuning yang muncul pada anak.

Setelah kurang lebih 10-14 hari, berat badan bayi akan kembali ke berat badan saat lahir, setelah ini berat badan bayi akan bertambah. Saat berat badan bayi mulai bertambah dan bayi serta ibu sudah mulai terbiasa dengan kebiasaan baru ini, bayi akan mulai lebih “bangun” dan terkadang mulai tidur lebih lama.

Saat ini ibu tidak perlu terlalu khawatir bila kadang bayi tidur lebih dari 3 jam. Bila memungkinkan biarkan bayi tidur lebih lama saat malam hari dan bangungkan setiap 3 jam saat siang hari agar bayi terbiasa untuk tidur lebih lama saat malam hari, jika kebiasan tersebut belangsung ada kemungkinan berat badan bayi akan meningkat.

Biasakan saat ibu menyusui malam hari agar meningkatkan berat badan bayi dan jangan menyalakan terlalu banyak lampu sehingga bayi mulai mengenal siang dan malam.

No Response

Leave a reply "Berat Badan Bayi – Perkembangan Berat Badan dan Aktifitas Pada Bayi"