Bermain Musik dan Lagu Baik Untuk Otak Anak?

kids-music-toddler-5

Musik adalah salah satu produk kebudayaan yang tidak bisa dilepaskan dari keseharian kita. Dimanapun dan apapun yang kita lakukan, semuanya akan terasa menyenangkan dengan alunan lagu favorit Anda. Musik juga menjadi semacam bahasa universal dan bahasa pemersatu bagi seluruh umat manusia. Di tengah-tengah keluarga pun, lagu bisa menjadi sarana untuk memeriahkan suasana. Bahkan di Barat memperkenalkan lagu pada anak Anda memberikan peran yang besar terhadap perkembangan otak anak. Benarkah lagu baik untuk otak anak?

 
Dan jawaban dari pertanyaan “apakah lagu baik untuk otak anak?” adalah, ya! Para peneliti telah melakukan penelitian mengenai hal tersebut dan mereka sepakat bahwa musik memegang peranan besar dalam membantu pertumbuhan otak anak. Yang pastinya hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi anak Anda kelak. Apa sajakah keuntungan memperdengarkan lagu serta memperkenalkan alat musik pada anak?

 
• Lagu Dapat Menstimulasi Otak
Memperdengarkan lagu pada anak kecil dapat membantu merangsang bagian otak yang berhubungan dengan huruf dan angka. Daya imajinasi anak Anda pun akan berkembang dengan baik, ditambah lagi anak yang terekspos dengan lagu atau musik memiliki kematangan emosional yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak pernah mendengarkan musik.

 
• Membantu Membentuk Hubungan Sosial
Mengikutkan anak Anda pada grup musik dapat membantu mereka untuk belajar bagaimana cara bersosialisasi dengan sesamanya. Mereka akan belajar untuk berempati serta bagaimana cara mereka bekerja dalam sebuah tim. Selain itu, anak juga akan belajar ilmu kehidupan yang tidak kalah penting, yaitu kedisiplinan dan ilmu kepemimpinan.

 
• Membantu Membentuk Kepercayaan Diri
Ketika Anda memperkenalkan anak pada dunia musik, anak Anda akan belajar dengan sendirinya bahwa untuk membuat performa bermusiknya makin baik maka mereka harus menguasai beberapa teknik bermusik. Setelah mereka mampu menguasainya, anak Anda akan menjadi lebih percaya diri sekaligus memiliki mentalitas berani menghadapi berbagai macam tantangan.

 
• Musik dan Lagu Mengajarkan Kesabaran
Salah satu ilmu penting yang sudah dilupakan oleh masyarakat modern adalah betapa pentingnya nilai sebuah kesabaran. Dengan mempelajari musik, anak Anda akan belajar untuk lebih sabar dalam memainkan perannya.

Ia jadi mengetahui bahwa ia memainkan alat musik sebelum waktunya tiba maka akan merusak harmoni dari lagu tersebut. Dan yang pasti, nilai kesabaran tersebut akan terus terpatri di dalam benaknya, yang kemudian akan membantu membentuk karakternya.

 
Jadi, lagu baik untuk otak anak? Sudah Anda temukan jawabannya di sini!

author
No Response

Leave a reply "Bermain Musik dan Lagu Baik Untuk Otak Anak?"