Bunda Harus Kenali 4 Tahap Pertumbuhan Bayi Berikut

Bunda Harus Kenali 4 Tahap Pertumbuhan Bayi Berikut

Tahap pertumbuhan bayi – Sebagai orang tua harus selalu memantau proses pertumbuhan anaknya. Mulai dari lahir hingga anak menjadi dewasa orang tua wajib mengatahui perubahan anaknya, bahkan hal kecil yang berubah pada diri anak harus diketahui juga. Ibaratnya, orang tua terutama seorang ibu bisa tahu bila ada setitik saja noda tambahan pada tubuh anaknya. Naluri sebagai orangtua akan selalu memantau perkembangan dan pertumbuhan anaknya hingga kapanpun juga.

walaupun proses pertumbuhan setiap bayi berbeda – beda namun ibu harus mengetahui dasar tahap pertumbuhan bayi berikut ini :

Proses tahapan pertumbuhan bayi

1. Usia 0 hingga 3 bulan
Pada usia 0 hingga 1 bulan biasanya bayi lebih banyak tidur. Setelah menginjak usia 2 bulan ketajaman visualnya mulai meningkat. bayi akan membalas tatapan Anda. Kemudian ia akan suka mengoceh secara spontan, tertawa keras dan bereaksi ketika terkejut.

2. Usia 3 hingga 6 bulan
Pada usia ini bayi sudah mulai bisa membalikan badan dari tengkurap menjadi telentang. Ia juga bisa mengangkat kepala setinggi 90 derajat. Pandangannya mulai meluas sehingga bisa melihat seberang ruangan dengan cukup jelas. Biasanya pada usia ini pula bayi dapat lebih mudah ditenangkan saat rewel, karena mereka mulai tertarik dengan berbagi hal disekelilingnya.

3. Usia 6 hingga 9 bulan
Tahap pertumbuhan bayi pada usia ini ia mulai duduk dan merangkak. Bunda akan sedikit kuwalahan karena ia akan mengamati dan meraih apapun yang bisa ia genggam dengan tangannya kemudian melemparnya. Ketika bayi mulai bosan, ia akan merangkak untuk mengeksplorasi hal menarik yang ada di sekelilingnya.

4. Usia 9 hingga 12 bulan
Bayi akan belajar berdiri dan berjalan. Ia bisa memungut benda jatuh, mengulurkan lengan untuk meraih mainan yang diinginkannya. bahkan ia akan sengaja bermain-main dengan mainan yang ia jatuhkan, memungut, lalu menjatuhkan kembali mainan tersebut. Namun bunda juga harus mulai lebih hati – hati dan harus sering mengamatinya jangan sampai meninggalkannya beberapa detik pun tanpa pengawasan karena pada usia ini bayi senang memasukan benda ke mulut.

Yang paling menyenangkan ia mulai bisa menirukan bunyi yang didengarkan, menyebut 2 hingga 3 suku kata.

Pada usia 0 hingga 12 bulan tahap pertumbuhan bayi ini akan menjadi catatan yang terlupakan dalam hidup bunda. Baca juga : Tips Bunda Melatih Bayi 3 Bulan Agar Cepat Merespon

author
No Response

Leave a reply "Bunda Harus Kenali 4 Tahap Pertumbuhan Bayi Berikut"