Cara Ibu Mengatasi Masalah Anak Malas Belajar

Cara Ibu Mengatasi Masalah Anak Malas BelajarAnak Malas belajar – kehidupan sejati kita manusia adalah seorang pembelajar. Tapi kita sering memberikan perlakuan yang tidak menyenangkan saat anak belajar (secara tidak sadar) bahkan dulu kita pun mungkin diberikan stimulasi yang salah sehingga belajar itu tidak menyenangkan.
belajar merupakan salah satu kegiatan anak yang bermanfaat untuk memperluas wawasan, mengenal keterampilan anak. Jika anak Anda terlihat kurang bergairah dalam belajar, maka Anda atau guru harus berfikir kreatif untuk memancing gairah dia dalam belajar. Salah satunya mengganti suasana belajarnya.

Kami memberikan beberapa tips yang mungkin bisa memberikan manfaat pada orang tua dan guru agar anak semangat belajar

1. Kasih Reward
untuk memberikan motivasi anak agar lebih, Reward biasa digunakan oleh pendidik kepada anak agar bersemangat dan mau melakukan sesuatu. Orang tua juga bisa memberikan reward pada anak dengan cara memuji, atau memberikan sebuah hadiah bila mau sekolah. Hadiah tidak perlu mahal, bisa mainan, peralatan menggambar, dan lain-lain.

2. Cara Mengajar Yang Menyenangkan
Anak-anak tidak suka suasana belajar yang serius dan menegangkan. Karena dunia anak adalah dunia belajar. Sekolah yang bisa memberikan suasa belajar sambil bermain biasanya akan menjadi sebuah tempat wisata edukatif bagi anak-anak.

3. Suasana Belajar yang baik
Menciptakan suasana belajar yang baik dan nyaman merupakan tanggung jawab orangtua. Setidaknya orang tua memenuhi kebutuhan sarana belajar, memberikan perhatian dengan cara mengarahkan dan mendampingi anak saat belajar. Sebagai selingan orangtua dapat pula memberikan permainan-permainan yang mendidik agar suasana belajar tidak tegang dan tetap menarik perhatian.

4. Motivasi kepada anak
Berikan motivasi kepada anak untuk belajar dengan cara yang baik, adakan pendekatan sambil menyelami hati anak dengan menjadikan anak sebagai sahabat. Jangan menyuruh anak belajar dengan memaksakan anak, apalagi dengan cara yang kasar.

5. Memberi pesan
Orang tua atau guru memberi pesan “belajar yang baik dan benar, kenali dan terus berlatih keterampilan yang anak miliki, ajak anak Anda untuk bermimpi dan mewujudkan”. Agar anak berpikir untuk berusaha dan termotivasi menjadi orang lebih baik.

Hendaknya orang tua segera menyelidiki dan memperhatikan minat belajar anak. Selain itu, menumbuhkan inisiatif belajar mandiri pada anak, menanamkan kesadaran serta tanggung jawab selaku pelajar pada anak merupakan hal lain yang bermanfaat jangka panjang. Jika enam langkah ini dapat diterapkan pada anak, maka sudah seharusnya tidak adalagi keluhan dari orang tua tentang anak malas belajar atau anak yang ngambek karena selalu dimarahi orang tuanya.

Baca Juga Makanan Sehat Yang Berguna Untuk Perkembangan Bayi

author
No Response

Leave a reply "Cara Ibu Mengatasi Masalah Anak Malas Belajar"