Cara Membantu Perkembangan Bayi

No comment 2065 views

tumbuh kembang balitaTumbuh Kembang Balita – Bagi seorang ibu untuk merawat bayi tidaklah mudah. Banyak cara yang diturunkan dari generasi sebelumnya yang tidak perlu digunakan, contohnya dengan membungkus bayi (dibedong). Cara merawat bayi tersebut sangat disalahkan oleh para ahli kesehatan, dikarenakan akan memperlambat pertumbuhan gerak dan motorik si bayi.

Tetapi kadang langkah-langkah merawat bayi secara turun temurun juga ada baiknya juga, dengan melakukan bedong/membungkus bayi itu setelah mandi akan memebrikan kehangatan kepada si bayi tersebut. Untuk mendapatkan cara dan Langkah-langkah merawat bayi serta balita anda yang baik, silahkan anda menbaca seterusnya

Perkembangan kemampuan motorik anak dalam setahun pertama usianya memang sangat pesat dan terkesan tidak beraturan, namun sebenarnya hal ini terjadi berurutan. Perkembangan biasanya dimulai dari kepala hingga kaki. Bagian kepala dan lengan berkembang lebih dulu ketimbang kaki.

Ada pula bayi yang bisa mengkontrol bagian tengah tubuhnya terlebih dulu baru ia bisa menggerakkan jari tangan dan kakinya sesuai perintah. Berikut adalah beberapa titik penting perkembangan motorik anak dari kepala hingga jari kaki, serta saran untuk membantu perkembangan bayi:

  1. Bacakan cerita untuk anak secara rutin
  2. Suruhlah anak untuk menunjuk benda-benda yang ladies sebutkan
  3. Ajak anak untuk bermain puzzle
  4. Sering-seringlah berbicara pada si kecil untuk membantu meningkatkan perkembangan bahasanya
  5. Biarkan anak untuk makan atau berpakaian sendiri untuk melatih kemandiriannya
  6. Ajak anak berjalan-jalan untuk mengeksplor lingkungan sekitarnya
  7. Biarkan anak mencoba hal-hal baru yang mengusik rasa ingin tahunya

Memberikan cerita-cerita yang menarik pada sang buah hati atau melantunkan lagu-lagu yang indah untuk bayi pada saat dia hendak tidur akan membuat hubungan emosional bayi dan mommy berjalan dengan baik.

Di usia ini juga bayi mommy akan mulai untuk melakukan interaksi dengan berbicara. Tentunya ucapan yang mereka lantunkan tidaklah begitu jelas, namun ini bisa mommy maksimalkan dengan mengajarkan cara mengucap dengan baik dan benar pada sang anak.

Usahakan untuk melarang anak mommy melakukan kebiasaan-kebiasaan yang buruk di usia ini karena bisa memungkinkan mereka untuk membawanya hingga sudah besar nanti, yakni kebiasaan rewel, berteriak-teriak, suka menendang-nendang dan lain sebagainya.

 

No Response

Leave a reply "Cara Membantu Perkembangan Bayi"