Cara Menggunakan Bedak Dan Popok Bayi

No comment 7596 views

perawatan bayiPerawatan BayiCara merawat bayi berkaitan dengan mengganti popok ini dibutuhkan kesabaran sebab anak baru lahir sering sekali buang air kecil maupun besar, jadi dalam sehari biasa saja anak samapi harus diganti popoknya sebanayk 8 kali atau lebih.

Setiap kali anak bang air biasanya mereka pasti menangis, hal ini wajar saja oleh karena itu setiap kali dia menangis kita harus sigap untuk memeriksa apakah mereka buang air atau tidak, jika tidak biasanya tangisan itu karena haus atau lapar. Jika kotoran dibiarkan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan tumbuhnya jamur atau sering disebut ruam popok.

Pada masa bayi baru lahir kita sebagai orang tua (istri maupun suami) harus bersabar, dan siap-siap untuk dibuat begadang slama 3 bulan. Pada umur anak 1 – 3 bulan biasanya pasati akan terbangun di malam hari (tengah malam) karena buang air atau haus. Terdapat 2 tips yang berkaitan dengan popok bayi. berikut adalah penjelasannya

1. Penggunaan bedak bayi.

Bayi baru lahir sebaiknya tidak perlu diberi bedak tabur seluruh tubuh usai mandi. Resiko terhirup serbuk halus dari bedak tabur akan  masuk paru -paru dan mengganggu pernafasan bayi. Bila memang ingin memberi bedak sebaiknya gunakan bedak padat dengan spon lembut. Cukup usap tipis pada daerah  lipatan paha, lipatan bawah lutut,  ketiak,  dan leher.

Jaga kebersihan saat bayi mandi dengan menyabuni daerah ketiak dan lipatan leher dengan cermat. Akan lebih baik jika bayi setiap selesai mandi kulit bayi tidak diberi bedak tabur atau talk sama sekali. Perawatan bayi usai buang air kecil dan buang air besar dengan menabur bedak di pantat atau alat kelamin tidak direkomendasikan lagi.

Menabur bedak justru  akan menumpuk kotoran pada daerah alat kelamin bayi dan mudah terjadi lecet atau iritasi. Pori-pori kulit bayi masih sangat sensitif dan perlu sirkulasi udara terutama di daerah pantat dan alat kelamin yang tertutup. Setiap bayi buang air kecil atau buang air besar cukup bersihkan dengan kapas yang dibasahi air hangat dan keringkan dengan handuk  lembut.

2. Penggunaan popok yang aman.

Sebaiknya, perawatan bayi menggunakan popok kain yang berbahan katun lembut. Bila terpaksa mengunakan pampers saat berpergian, sebaiknya sering diperhatikan kondisi pampers. Ganti setiap basah. Anjuran terbaik adalah gunakan popok kain dari bahan katun yang lembut. Popok kain selain ramah lingkungan juga aman untuk bayi. Bayi terhindar dari resiko alergi dan  infeksi  dan ruam popok. Salam hangat semoga bermanfaat.

 

No Response

Leave a reply "Cara Menggunakan Bedak Dan Popok Bayi"