Cermati Bentuk Kaki Anak Saat Ia Belajar Berjalan!

belajar jalan

Apakah Ibu pernah mengamati dengan seksama bentuk kaki si Kecil saat ia belajar jalan? Kaki umumnya tak hanya digunakan untuk menopang gerak dan aktivitas si Kecil terutama saat ia belajar jalan, namun juga memiliki fungsi keindahan tersendiri bagi tubuhnya. Keindahan kaki sangat dipengaruhi oleh pertumbuhan kaki si Kecil sejak awal ia lahir. Ibu pernah melihat ada anak yang memiliki kaki berbentuk O atau X?

Nah, itu salah satu akibat dari perkembangan kaki yang tidak sempurna. Hal ini pada masa kecilnya barangkali tak akan begitu menjadi masalah, namun baru akan terasa ketika si Kecil beranjak dewasa dan menyadari bahwa ia berbeda dengan teman-temannya. Kondisi ini dapat membuat ia minder, kurang percaya diri, dan menjadi pribadi yang tertutup saat akan belajar jalan. Nah, untuk menghindari itu, sebaiknya Ibu mengetahui sejak diri bagaimana saja bentuk kaki yang tidak sempurna yang bisa terjadi pada kaki balita. Ini dia informasinya untuk Anda:

  1. Bentuk kaki O

Bentuk kaki O ini umumnya relatif dialami oleh hampir semua bayi baru lahir. Pasalnya, tiap bayi yang baru dilahirkan memiliki derajat kelengkungan tertentu pada kakinya. Hal ini disebabkan karena selama ia berada di dalam kandungan tak ada ruang yang cukup luas untuk meluruskan kakinya. Maka dari itu, tulang kakinya yang kala itu masih cukup lunak akan sedikit melengkung dan saat terlahir terlihat hampir menyerupai bentuk huruf O.

Ibu tak perlu khawatir dengan kondisi ini sebenarnya, saat nanti si Kecil sudah mulai siap belajar jalan, tulang kakinya akan menjadi kuat secara alami. Pada si Kecil yang tengah belajar jalan, bentuk kaki O ini masih akan dapat terlihat karena untuk menekuk lutut yang berfungsi menopang bobot dan keseimbangan tubuh.

  1. Bentuk kaki X

Selain bentuk kaki O, apakah Ibu juga pernah melihat bentuk kaki X pada anak-anak? Bentuk kaki X ini bisa terjadi ketika kedua lutut mulai mendekat dan cenderung menutup. Bentuk kaki X ini memang terlihat tidak begitu sedap dipandang mata dan membuat orang yang melihatnya iba, namun demikian anak tetap bisa belajar jalan meskipun dengan pertumbuhan kaki yang membentuk huruf X ini.

Umumnya anak-anak yang tumbuh dengan bentuk kaki X ini tetap bisa bermain dan berlari dengan teman-temannya layaknya anak lain yang memiliki pertumbuhan kaki normal. Perlahan-lahan, bentuk kaki ini akan membaik ketika anak sudah mulai tumbuh dan berembang pada rentang usia 5 hingga 7 tahun.

Itulah beberapa bentuk kaki yang terjadi akibat pertumbuhan yang tidak sempurna. Umumnya, bentuk kaki tersebut tidak akan sepenuhnya menghambat proses belajar jalan anak, tetapi cermati lagi dan bawa ke ahli kesehatan jika perkembangan bentuk kaki tersebut cukup mengkhawatirkan Ibu.

author
No Response

Leave a reply "Cermati Bentuk Kaki Anak Saat Ia Belajar Berjalan!"