Gizi Pada Balita – Gizi-Gizi Yang Dibutuhkan Balita

gizi balitaGizi Pada Balita – Pemilihan makanan bergizi untuk batita maupun balita merupakan salah satu dari banyak pekerjaan rumah bagi para ibu. Menjaga asupan gizi yang masuk dalam tubuh anak merupakan hal penting karena batita maupun balita membutuhkan gizi lebih untuk perkembangan tubuhnya.

Batita maupun balita adalah fase setelah bayi dan sebelum anak Anda menginjak angka lima tahun. Pada masa itu terjadi transisi dari Air Susu Ibu (ASI) ke makanan padat. Bayi Anda yang ± 6 bulan hanya mengonsumsi ASI, perlahan dibiasakan mengonsumsi makanan pendamping ASI. Makanan padat yang diberikan pun harus sesuai kebutuhan usianya.

ASI tentu sangat memiliki banyak gizi yang bisa membantu kesehatan perkembangan balita, berikut adalah gizi-gizi yang dibutuhkan balita.

Protein. Karena bayi dan balita sedang dalam masa pertumbuhan otak, protein merupakan kebutuhan gizi paling utama yang diperlukannya. Protein ini mencakup protein nabati (tumbuhan) dan protein hewani. Contoh makanan yang kaya dengan protein ini di antaranya adalah daging, mentega, keju, telur, susu, dan kacang-kacangan.

Karbohidrat. Sebagai makhluk yang sedang aktif, bayi dan balita tentu membutuhkan energi. Sumber energi ini didapat dari karbohidrat. Sumber karbohidrat yang cocok untuk bayi misalnya saja adalah sereal, beras putih, beras merah, dan juga roti.

Lemak. Selain karbohidrat, bagi tubuh, lemak merupakan cadangan energi. Jika tidak ada karbohidrat, maka tubuh mendapatkan energi dari lemak. Makanan-makanan yang kaya akan lemak di antaranya adalah daging, mentega, susu, keju, telur, dan lain-lain.

Vitamin. Agar metabolisme semua sistem tubuh bayi bisa optimal, bayi dan balita juga memerlukan vitamin. Vitamin ini tentu saja dari vitamin A, B, C, D, E, hingga vitamin K. Makanan yang kaya akan vitamin di antaranya adalah sayuran hijau, sayuran merah, buah-buahan, daging, keju, dan juga susu.

Mineral. Fungsi mineral memang tidak signifikan seperti jenis gizi lainnya. Akan tetapi tetap, mineral ini penting bagi tubuh dan otak bayi dan balita. Makanan-makanan yang kaya mineral di antaranya adalah sayuran segar, buah-buahan, daging, susu, telur, keju, mentega, dan masih banyak lagi.
Nah itulah di antaranya kebutuhan gizi bayi dan balita yang diperlukan.

No Response

Leave a reply "Gizi Pada Balita – Gizi-Gizi Yang Dibutuhkan Balita"