Hewan Piaraan untuk Sahabat si Kecil, Apa Ya?

Hewan Piaraan untuk Sahabat si Kecil, Apa Ya?

Apakah si Kecil memiliki hewan peliharaan di rumah, Bu? Memberikan hewan peliharaan pada si Kecil bagi sebagian orang tua dianggap sebagai tindakan yang tepat untuk mendukung tumbuh kembang balita. Meski demikian, tak jarang juga orang tua berpikir ulang untuk mengambil keputusan tersebut dengan alasan si Kecil belum memiliki tanggung jawab sepenuhnya sehingga malah akan merepotkan.
Sesungguhnya, memperkenalkan si Kecil dengan hewan peliharaan justru akan mendatangkan banyak manfaat dalam melatih tumbuh kembang balita terutama yang terkait dengan pengembangan karakter. Nah, hal baik apa saja yang dapat ditumbuhkan melalui kepemilikan hewan peliharaan ini? Simak informasinya berikut:

1. Melatih si Kecil belajar berempati

Masa tumbuh kembang balita adalah saat yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai positif yang bermanfaat bagi kehidupannya kelak. Salah satu karakter yang dapat ditumbuhkan melalui kepemilikan hewan peliharaan adalah empati. Pada balita yang merupakan anak tunggal atau tidak memiliki teman sebaya, ia akan mudah belajar empati saat memelihara hewan. Si Kecil akan belajar menyayangi, berperilaku lembut, serta memerhatikan kesejahteraan dan kepentingan hewan piaraannya.

2. Melatih tanggung jawab

Selain menumbuhkan empati, hewan peliharaan juga dapat menjadi sarana yang efektif dalam melatih rasa tanggung jawab si Kecil. Tanggung jawab ini akan terbentuk ketika ia memiliki kewajiban untuk memberi makan hewan kesayangannya, memandikan, dan juga membersihkan kandangnya.
Nah, untuk mengembangkan dua karakter positif pada masa tumbuh kembang balita tersebut, Ibu tak boleh sembarangan memilihkan hewan peliharaan untuknya. Berikut ini adalah referensi hewan peliharaan yang sesuai dan dapat mengoptimalkan tumbuh kembang balita tersayang:

– Anjing

Untuk si Kecil yang masih berusia di bawah 5 tahun, anjing yang tidak terlalu aktif tetapi cukup bersahabat ketika diajak bermain merupakan pilihan hewan peliharaan yang sempurna. Usahakan tidak memilih anjing yang terlalu kecil karena membutuhkan perawatan yang ekstra sehingga lebih merepotkan. Memelihara anjing ini dapat menumbuhkan sifat bersahabat, lembut, serta kasih sayang pada masa tumbuh kembang balita.

– Ikan

Memelihara ikan relatif cukup mudah daripada memelihara anjing karena perawatannya lebih sederhana. Ikan ini dapat melatih tanggung jawab si Kecil melalui rutinitas pemberian makan dan membersihkan akuariumnya. Hewan peliharaan yang satu ini tak bisa berinteraksi layaknya anjing, maka dari itu pilihlah ikan dengan beragam jenis dan warna agar si Kecil tak mudah bosan.
Selain anjing dan ikan, hewan lain seperti hamster dan kucing juga bisa menemani tumbuh kembang balita. Ibu bisa memilihkan hewan pelihraan yang tepat tergantung kesukaan dan karakter si Kecil tersayang. Bagaimana, tertarik untuk memberikan si Kecil hewan peliharaan, Bu?

author
No Response

Leave a reply "Hewan Piaraan untuk Sahabat si Kecil, Apa Ya?"