Inilah 5 Tips Agar Anak Giat Belajar

No comment 2404 views

Inilah 5 Tips Agar Anak Giat Belajar

Anak belajar – kecewa dengan prestasi anak di sekolah memuat banyak orang tua mengeluh karena anak malas belajar bahkan. Padahal dengan belajar, menjadikan anak pintar dan cerdas dan pastinya diharapkan oleh orang tua kepada sang buah hati. Oleh karena itu pemahaman bagaimana cara mendidik usia dini sangat diperlukan oleh Anda selaku orang tua.

Menarik anak untuk pergi ke sekolah bukan perkara yang mudah. Di satu sisi anak-anak tidak bisa dipaksa, di sisi yang lain anak-anak membutuhkan pendidikan sejak usia dini. Sebagai orang tua tentunya kita ingin agar anak kita menjadi pintar dan tidak ketinggalan pelajaran.

Berikut adalah tips agar anak selalu semangat dan tidak malas dalam belajar :

1. jelaskan manfaat pelajaran anak
Untuk pelajaran yang sedang dipejari oleh anak Jelaskan manfaat dari pelajaran tersebut (sesuai dengan minat anak tersebut) misal: dengan mempelajari perkalian, maka saat liburan naik kelas nanti kamu bisa menghitung berapa harga barang yang akan kamu beli di tempat wisata. Dan kamu bisa membandingkannya dengan harga di daerah kita. akan sangat mudah berkomunikasi dengan pelatih sepak bolamu yang dari Thailand jika menguasai percakapan bahasa inggris kamu

2. Mebuat lingkungan belajar yang positif
syarat penting untuk membuat anak rajin belajar adalah menjadikan suasana belajar yang menyenangkan. agar konsentrasi anak ketika belajar tidak tergaggu, usahakan jangan menyalakan televisi terlalu keras saat malam hari. ketimbang menonton televisi Anda bisa memberi contoh pada anak untuk membaca buku.

3. Kasih reward
untuk memberikan motivasi anak agar lebih bersemangat dan mau melakukan sesuatu Reward biasa digunakan untuk memberikan semangat kepada anak. dengan cara memuji meruoakan salah satu reward orang tua kepada kepada anak, atau memberikan sebuah hadiah bila mau sekolah. Hadiah tidak perlu mahal, bisa mainan, peralatan menggambar, dan lain-lain.

4. Menjadi contoh yang baik
panutan seorang anak adalah orang tua, maka sebab itu kita harus memberikan contoh terbaik agar ditiru oleh anak. usahakan agar Anda juga terlihat seperti mempelajari sesuatu Saat orang tua menyuruh dan mengawasi anak belajar , contohnya dengan membaca buku. mengenai suatu topik yang hangat, sesekali ajak anak Anda untuk berdiskusi. Dengan begitu anak melihat bahwa orang tuapun ikut belajar.

5.Sambut anak
Saat pulang sekolah tanyakan “hai sayang, apa yang menyenangkan hari ini disekolah?” Otomatis otak anak akan mencari hal-hal yang menyenangkan disekolah dan ini secara tidak langsung bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan untuk belajar  anak.

Baca Juga Cara Mengatasi Demam Campak Pada Anak

author
No Response

Leave a reply "Inilah 5 Tips Agar Anak Giat Belajar"