Perbedaan Karakter Anak Yang Diasuh Orang Tua Dan Kakek Nenek

 

Karakter Anak

Karakter Anak – Orang tua yang bekerja tentu akan bingung bagaimanakah cara menjaga karakter anak, sebagai orang tua biasanya berfikir akan menitipkan orang tua di penitipan anak, atau juga akan menggunakan jasa baby sitter. Karakter anak akan berbeda jika yang merawat adalah orang tua. Tetapi orang tua memang benar-benar sangat terpaksa untuk menitipkan si kecil kepada kakek dan nenek.

Kakek nenek yang berperan sebagai pengasuh dari orangtua yang bekerja, dapat menurunkan risiko cedera hingga separuhnya. Hal itu diungkapkan oleh sebuah penelitian yang didasarkan pada keyakinan anak lebih cenderung mengalami cedera saat diasuh oleh kakek dan neneknya.

Dibandingkan dengan tempat penitipan, ibu dan saudara lainnya, nenek yang mengasuh cucunya akan memiliki risiko lebih rendah terhadap cedera. Demikian dikatakan penelitia dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health. “Pertumbuhan angka dari kakek dan nenek yang menyediakan sarana pengasuhan dikhawatirkan tidak mematuhi langkah pengamanan moderna.

Penjagaan karakter anak akan juga terjaga jika anak di titipkan kepada kakek nenek. Jadi untuk para orang tua juga harus memperhatikan karakter anak, tidak boleh hanya melepaskan semua tanggung jawab kepada kakek nenek. Jadi ketika dirumah, usahakan berfokus kepada sang buah hati. Semua itu agar karakter anak tidak terputus dengan orang tua.

Banyak alasan kenapa karakter anak yang di asuh oleh orang tua dan di asuh kakek nenek berbeda. jika orang tua yang menjaga atau mengasuh si buah hati, tentu orang tua bisa mengatur karakter anak sesuai dengan keinginan orang tua, tetapi tidak boleh memaksakan kehendaknya.

Karakter anak yang terbesar berada pada diri anak itu sendiri, tetapi orang tua hanya memotifasi karakter buah hati tersebut dengan cara memberikan perhatian.

anak akan mengalami suatu periode yang disebut masa keemasan. Saat itu, anak akan sangat peka terhadap berbagai rangsangan serta pengaruh dari luar. si kecil akan mengalami tingkat perkembangan karakter yang sangat drastis, mulai dari perkembangan kognitif (berpikir), perkembangan emosi, perkembangan motorik, perkembangan fisik, serta perkembangan sosial. Dan orang tua harus mengontrol semua karakter itu.

Yang Harus Diperhatikan saat Menitipkan Anak pada Kakek Nenek

1. Perhatikan usia anak yang akan dititipkan
Jika sudah di atas 4 tahun, sebaiknya siapkan juga pengasuh pendamping. Berapa usia anak ketika dititipkan? Jika kurang dari 1 tahun biasanya masih bisa di-handle oleh kakek neneknya karena anak masih belum banyak aktifvtas. Namun, jika sudah 1 sampai 2 tahun ke atas, bisa dipertimbangkan lagi karena anak mulai giat beraktifitas, belajar berjalan, membuat berantakan isi ruangan dan butuh respon cepat ketika mulai belajar bicara.

2. Buatlah petunjuk 
Setelah mengkomunikasikan pola asuh, selanjutnya buatlah petunjuk hal-hal yang sebaiknya dilakukan kakek dan nenek saat menjaga dan mengasuh anakmu. Tidak ada salahnya memberikan jadwal keseharian anak dan peraturan yang tidak boleh dilanggar oleh anak. Misal, anak tidak boleh bermain sebelum membuat pekerjaan rumah. Tapi ingat harus hati-hati mengkomunikasikannya. Bagaimanapun mereka orang tua kita, jangan sampai apa yang kita sampaikan melukai persaaanya.

3. Berikan kepercayaan pada kakek dan nenek
Ini penting karena akan membuat mereka merasa tidak terbebani. Ingat, biar bagaimanapun kakek dan nenek juga memiliki pengalaman saat mengasuh anak. Jadi bersikap memberikan toleransi dan kepercayaan kepada kakek dan nenek akan membuat kamu juga bisa menghindari perdebatan seputar pengasuhan anak.

4. Ucapkan terima kasih
Setelah seharian menjaga anak, tentu Kakek Nenek merasa letih. Karena itulah, jangan pernah lupa mengucapkan terima kasih. Juga bisa memberikan oleh-oleh atau bentuk perhatian tulus lainnya agar mereka merasa senang dan lebih nyaman.

Nah, itulah perbedaan karakter antara anak yang di asuh bunda sendiri atau yang di asuh oleh kakek neneknya. Selain itu bunda harus memperhatikan apakah usia kakek dan nanek masih sanggup untuk menjaga buah hati Anda. Jangan sampai bunda membebankan si kecil kepada kakek neneknya yang sudah lansia.

author
No Response

Leave a reply "Perbedaan Karakter Anak Yang Diasuh Orang Tua Dan Kakek Nenek"