Kenali Penggolongan Lambat Berjalan dan Intervensinya

kaki bayi

Hai Ibu yang cerdas, sudahkah si Kecil belajar jalan hari ini? Atau si Kecil sudah menapakkan beberapa langkah? Tentunya ibu sangat senang dengan kemampuan si Kecil tersebut.

Orang tua pasti mengharapkan anaknya bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Bagaimana jika si Kecil terlambat berjalan? Ketika langkah-langkah pertama si Kecil tidak kunjung datang di usia 12 bulan, banyak orang tua yang khawatir. Orang tua mulai takut anaknya mengalami keterlambatan dalam perkembangan.

Belajar jalan pada si Kecil tidak bisa dilakukan secara instan. Perlu kesabaran dan ekstra hati-hati untuk menuntun si Kecil di proses belajar jalan ini. Banyak rintangan yang mungkin bisa menjadikan si Kecil bosan belajar jalan. Tapi, ibu perlu tahu kriteria anak lambat jalan. Yuk, kenali kriteria penggolongan keterlambatan berjalan dan intervensinya.

  • Usia 8 bulan-12 bulan

Kemampuan belajar jalan sangat baik dan sangat cepat. Dengan demikian, motorik kasar dan kemampuan keseimbangannya sangat baik. Pada kelompok ini, si Kecil tidak perlu intervensi atau stimulasi, karena si Kecil bisa belajar jalan sendiri dengan baik tanpa bantuan.

  • Usia 12 bulan-15 bulan

Kemampuan berjalan biasa dan rata-rata anak seusianya. Biasanya anak yang demikian memiliki motorik kasar dan kemampuan keseimbangannya normal. Pada kelompok ini, pemberian stimulasi ringan dalam proses belajar jalan masih diperlukan.

  • Usia 15 bulan -18 bulan

Kemampuan berjalan normal tetapi kurang optimal. Biasanya anak demikian kemampuan motorik kasar dan kemampuan keseimbangannya kurang begitu baik. Pada kelompok ini, perlu intervensi ringan agar perkembangan motorik dan vestibularis lebih baik.

  • Usia 18 bulan-24 bulan

Jika anak usia tersebut belum bisa berjalan, maka anak bisa dikatakan mengalami gejala keterlambatan berjalan ringan. Umumnya, disebabkan karena kemampuan motorik kasar dan keseimbangannya buruk. Biasanya gangguan ini disertai adanya gangguan neurologis atau susunan saraf pusat. Stimulasi ringan harus dilakukan secara optimal. Hal ini bisa dilakukan oleh ahli seperti Dokter Spesialis Fisik dan Rehabilitasi.

  • Usia 24 bulan-32 bulan

Kemampuan berjalan terlambat berat. Kemampuan motorik kasar dan keseimbangan sangat buruk. Gangguan neurologis pusat menjadi slaah satu penyebabnya. Stimulasi harus diberikan oleh tenaga professional seperti Dokter Spesialis Fisik dan Rehabilitasi.

  • Belum bisa berjalan sampai 32 bulan

Kemampuan berjalan terlambat sangat berat. Penderita Cerebral Palsy biasanya mengalami gangguan ini. Pada kelompok ini harus dilakukan intervensi yang sangat maksimal. Stimulasi yang diberikan harus dilakukan oleh ahli seperti Dokter Spesialis Fisik dan Rehabilitasi.

Nah, itulah kriteria penggolongan dan intervensi keterlambatan berjalan. Ibu, melatih si Kecil belajar jalan harus penuh kesabaran. Tetapi,langkah pertamanya akan menjadi kado terindah untuk Ibu.

author
No Response

Leave a reply "Kenali Penggolongan Lambat Berjalan dan Intervensinya"