Psikologi Kepribadian : Sifat Anak Berdasarkan Urutan Kelahiran

kepribadian anak

psikologi kepribadian – Setiap anak memiliki kepribadian yang unik, karena Tuhan pasti menciptakan setiap manusia spesial dengan kemampuan dan karakter yang berbeda-beda. Namun setiap orang tentu memiliki karakter manusia yang cenderung sama berdasarkan pengelompokan tertentu. Nah kali kami akan memberikan informasi menarik seputar psikologi kepada Anda mengenai cara mengenal kepribadian anak berdasarkan urutan kelahiran.

Menurut ahli psikologi Alfred Adler karakteristik dari kepribadian anak bisa dikenal melalui urutan kelahirannya. Mau tahu bagaimana penjelasan tentang kepribadian berdasarkan urutan kelahiran tersebut? Langsung saja simak di sini ulasannya mengenai psikologi kepribadian anak berdasarkan urutan kelahiran!

Karakteristik yang dimiliki anak ini juga tidak bisa dilihat dari urutan kelahirannya saja, namun juga harus diperhatikan dari jarak lahir antara anak satu dengan yang lainnya. Contohnya jika anak pertama berusia 9 tahun, kemudian anak kedua berusia 2 tahun, dan mempunyai adik lagi berumur setahun, maka anak pertama akan memiliki kecenderungan sebagai anak tunggal dan anak kedua cenderung memiliki kepribadian anak sulung, karena jarak antara anak sulung dengan adik-adiknya melebihi 5 tahun.

Kini mari kita langsung beralih pada kepribadian manusia berdasarkan urutan lahir

 sifat anak berdasarkan urutan lahir

Anak Sulung

Sifat anak pertama biasanya memiliki sosok pemimpin, karena dia adalah anak tertua. Karea ia adalah anak tertua, maka ia cenderung memiliki beban atau tekanan yang besar terhadap harapan orang tua. Ia merasa memiliki tanggung jawab yang besar akan segala sesuatu yang menjadi keinginan orang tua. Biasanya anak sulung lebih banyak mendapatkan perhatian dari orang tua dariapada adik-adiknya, karena orang tua untuk pertama kalinya melakukan peran penting dalam mengurus anak adalah kepada anak pertama bukan?

Jadi seluruh perhatian orang tua tercurah kepada anak sulung. Pada umumnya anak sulung adalah seorang yang memiliki prestasi yang tinggi karena ia adalah seorang yang memiliki harga diri yang tinggi sehingga tidak mau menjadi orang yang biasa-biasa saja. Anak sulung juga cenderung untuk terikat pada aturan-aturan, karena merasa sebagai pemimpin, ia cenderung untuk menertibkan keadaan sehingga terkesan dominan dan otoriter.

Nah sebagai orang tua hal yang harus dilakukan untuk menyikapi anak sulung adalah memberinya kesempatan untuk memilih apa yang menjadi karir impiannya, dorong ia untuk lebih menjadi sosok yang berinovasi dan kreatif, karena ia cenderung terikat pada aturan baku. Itulah ulasan mengenai sifat anak pertama

Anak Tengah

Pada umumnya anak tengah umumnya memiliki perasaan tidak dianggap. Begini alasannya, karena anak sulung diperlakukan lebih istimewa sebagai anak pertama dan anak bungsu dimanjakan karena merasa paling kecil. Sehingga seringkali kejadian bahwa anak tengah menggunakan barang bekas dari kakaknya yang pertama. Sehingga ia memiliki perasaan yang sedikit iri dengan saudara-saudaranya, dan ia cenderung lebih tertutup serta ingin berusaha menjadi berbeda dari kakak dan adiknya. Tidak sedikit juga anak tengah yang berusaha menyaingi kakaknya, apalagi jika usianya berdekatan. Anak tengah juga umumnya juga suka melawan dan tidak mau mengikuti aturan.

Namun anak tengah memiliki jiwa yang mandiri dan memiliki motivasi yang tinggi dalam mencapai prestasi. Ia juga memiliki jiwa yang suka bertualang dan memiliki banyak teman. Anak tengah juga memiliki kelebihan dalam hal menyesuaikan diri terhadap situasi dan kondisi orang lain, ia juga menyukai persahabatan dan cinta damai.

Untuk menyikapi kepribadian anak tengah maka Anda sebagai orang tua harus memberi penghargaan lebih terhadap pencapaiannya dan berikan perhatian lebih seperti menanyakan apa saja aktivitasnya seharian, apa yang dirasakan saat ini, apa yang menjadi cita-citanya. Lebih baik lagi jika Anda melibatkan anak sulung untuk berkomunikasi dengannya.

Anak Bungsu

Karena dilahirkan paling akhir maka anak bungsu tentunya memiliki sifat manja yang paling tinggi. Tanggung jawab dari orang tua jauh lebih kecil daripada yang diberikan oleh kakak-kakaknya. Karena orang tua sudah lebih percaya diri dalam mengasuh anak, maka orang tua juga tidak lagi terlalu memperhatikan perkembangan anak bungsu. Sehingga anak bungsu cenderung lebih ceria, santai, mudah bergaul, dan spontan. Tidak jarang juga orang tua sering memaafkan kesalahan anak bungsu daripada kesalahan kakak-kakaknya.

Karena hal itu, anak bungsu lebih besar berpotensi untuk melanggar peraturan dan sangat bergantung pada orang lain. Orang tua juga perlu waspada dengan sikap anak bungsu yang suka santai dalam menghadapi apapun, jika ia bersikap terlalu santai di kondisi yang tidak tepat, maka hal itu akan berpengaruh buruk pada keluarga. Misalnya karena anak bungsu suka bergurau dan spontan, akan sangat mengkhawatirkan jika ia menggaanggap sesuatu yang serius menjadi hal yang lucu.

Karena itu sikap yang tepat untuk menghadapi anak bungsu adalah dengan memberikan tanggung jawab dan harapan yang lebih besar agar dia juga berusaha untuk mencapai prestasi yang lebih dan membentuk karakternya lebih bermanfaat bagi orang lain.

Anak Tunggal

Bagaimana dengan karakter anak tunggal? Pasti juga berbeda soal jika Anda memiliki anak tunggal. Mau tahu ciri-ciri sifat anak tunggal? Langsung saja klik link ini -> Ciri-ciri Karakter Anak Tunggal

Demikianlah informasi dari kami mengenai psikologi kepribadian anak berdasarkan urutan lahir. Semoga bermanfaat bagi Anda dalam mendidik perkembangan karakter anak.

Baca Juga :

Yuk, Kenali Karakter Anak Melalui Golongan Darahnya!

Ketahui Karakter Anak dari Huruf Awal Namanya

Pengertian Tentang Pembentukan Karakter Anak Positif

author
No Response

Leave a reply "Psikologi Kepribadian : Sifat Anak Berdasarkan Urutan Kelahiran"