Kucing, Sahabat untuk Membentuk Karakter Anak

Kucing, Sahabat untuk Membentuk Karakter Anak

Karakter Anak – Siapa yang tak mengenal kucing? Hewan manis dengan bulu lembut di tubuhnya ini dipilih oleh banyak Bunda sebagai salah satu teman yang menemai buah hati dalam aktivitasnya. Rupanya, binatang yang sejak dulu dekat dengan manusia ini memiliki fungsi sebagai pembentuk karakter anak yang penyanyang dan penuh dengan kepeduliaan lho.

Menurut Craig Kielburger and Marc Kielburger, hewan peliharaan dapat membangun sikap peduli buah hati pada binatang lain dan juga orang di sekitarnya. Dalam hal ini, kucing adalah salah satu binatang peliharaan yang banyak dipelihara bukan hanya sebagai hiburan, melainkan juga sebagai media edukasi untuk membangun karakter anak yang memiliki kasih sayang dan kepedulian.

Amber Carlton menjabarkan pelajaran yang bisa dipetik buah hati untuk membangun karakter anak yang penyanyang melalui pemeliharaan kucing, yaitu:

  • Belajar menghormati

Dengan memelihara kucing, buah hati akan belajar mengenal batasan untuk memperlakukan kucing mereka karena pada umumnya hewan yang satu ini akan segera menyingkir jika diperlakukan tidak sesuai dengan keinginannya.

  • Belajar komunikasi dengan baik

Si Kecil yang memiliki kucing sebagai sahabat akan belajar melakukan komunikasi dengan baik, mulai dari memahami suara-suara si manis yang ingin makan, ingin buang air besar, hingga ingin bermain. Di sisi lain, buah hati juga bisa menciptakan bentuk komunikasi kreatif sebagai simbol untuk mengajak kucing melakukan sesuatu, mulai dari sekedar memanggilnya, mengajaknya makan, hingga menyuruhnya untuk segera berlari menghampirinya.

  • Mengajarkan buah hati tentang makna perbedaan

Si imut yang berbulu ini juga rupanya dapat mengajarkan buah hati untuk memiliki karakter anak yang menghargai perbedaan. Beragam jenis kucing memberikan pengertian pada si Kecil bahwa setiap perbedaan memiliki sesuatu yang berharga, Kucing kampung yang biasa tinggal di pinggir jalan dan memiliki tubuh yang kotor memberikan pelajaran tentang perjuangan hidup sendiri dan mandiri.

Untuk memaksimalkan manfaat hewan imut untuk membentuk karakter anak seperti di atas, tentunya Bunda perlu memerhatikan beberapa hal penting. Berikut ini adalah cara mengajarkan buah hati untuk membentuk karakter anak melalui kebiasaan menyanyangi binatang sesuai dengan rekomendasi dari People for The Ethical Treatment of Animal:

  • Jangan membeli mainan yang mengacu pada kegiatan eksploitasi hewan, seperti video game yang mempengaruhi anak-anak untuk menyakiti hewan dan binatang yang ada di sekelilingnya.
  • Ajarkan buah hati untuk menghargai nyawa binatang dengan memberikan perawatan, perlindungan, dan menjamin kebersihannya.
  • Lakukan aktivitas bersama yang menyenangkan dengan binatang perliharaan, misalnya dengan berjalan-jalan dan bermain bersama.
  • Ajak si Kecil untuk menonton film tentang hewan yang lucu, misalnya Chicken Run , Bambi , Lady dan Tramp , Shiloh , Free Willy , Babe, My Dog Skip, Finding Nemo , dan Shark Tale .
  • Ajarkan kesabaran pada buah hati saat merawat hewan perliharaan.

Dengan membangun karakter anak melalui hidup bersama dengan hewan peliharaan terutama kucing, Bunda bisa mengajarkan kasih sayang dengan cara yang menyenangkan untuk si Kecil. Selain kucing, Bunda juga bisa memilih hewan perliharaan lain seperti anjing, kura-kura, kelinci, hingga hamster, tetapi pastikan bahwa pelajaran hidup diperoleh oleh anak diperoleh kebiasaan merawat binatang secara sabar dan penuh tanggung jawab.

 

No Response

Leave a reply "Kucing, Sahabat untuk Membentuk Karakter Anak"