Manfaat Membacakan Buku Cerita Anak Untuknya

No comment 1409 views

Buku Cerita Anak

Buku Cerita Anak ­– Memiliki buah hati cerdas dan kreatif adalah dambaan dari setiap orang tua di hampir seluruh dunia. Hal ini dikarenakan anak yang cerdas dapat menangkap materi dengan mudah terutama saat bersekolah nantinya. Tapi siapa sangka jika anak yang cerdas dan kreatif ini ternyata bisa dibentuk sejak dini lho, parents!

Membiasakan anak untuk memulai mendengarkan dongeng dari sebuah buku cerita anak sejak dini merupakan kebiasaan yang baik dan dapat menunjang tumbuh-kembang otaknya. Mengapa demikian? Sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa peranan orangtua untuk membacakan cerita dongeng anak mulai dari usia sekita 6 hingga 12 bulan adalah sebuah hal yang penting. Manfaat apa sajakah yang anak dapatkan saat mendapatkan kebiasaan tersebut? Yuk, simak info berikut:

  • Mengembangkan Daya Imajinasi Anak

Apakah Anda pernah mendengar bahwa anak-anak memiliki dunia imajinasi yang menyenangkan? Pernyataan tersebut memang tepat karena anak-anak lebih cenderung bermain sesuai dengan apa yang diimajinasikannya bahkan banyak anak yang juga berbicara dengan teman khalayannya. Daya imajinasi yang masih baik ini, tentu jangan Anda sia-siakan, ya! Picu imajinasinya agar semakin luas dengan membacakan buku cerita anak yang sesuai dengan usianya.

Imajinasi yang terbentuk sejak anak-anak dapat memicu terbentuknya pemikiran kreatif sehingga buah hati lebih cakap dan berpikiran out of the box. Selain itu, melalui dongeng anak-anak orangtua tetap bisa mengarahnya buah hatinya untuk ke arah positif seperti memberitahukan amanat yang terkandung dalam buku cerita yang telah dibacakan.

  • Meningkatkan Kemampuan Si Kecil dalam Berbahasa

Wah, bagaimana mungkin buku dongeng anak dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak? Tentu saja bisa, parents! Saat Anda membacakan sebuah cerita untuk si Kecil, ia akan mendengarkan beragam istilah, kosakata, ungkapan, maupun sebuah perbahasa. Pada saat membacakan cerita untuknya, jangan heran jika ia menanyakan kata-kata yang tidak diketahuinya dan pada saat itulah Anda mengajarkan arti dari kata yang baru didengarnya tersebut. Pengenalan kosakata, istilah, dan sebagainya inilah yang membuat kemampuan bahasa buah hati menjadi meningkat lebih baik.

  • Memberikan si Kecil Sebuah Pengetahuan Baru

Apabila Anda membacakan sebuah cerita anak bergambar pada buah hati, maka tak heran jika ia melihat begitu banyak gambar yang menarik di dalamnya. Bahkan mungkin pada saat Anda membacakan sebuah dongeng fabel untuknya, buku tersebut penuh dengan gambar binatang-binatang yang lucu dan menarik perhatiannya. Pada saat itulah Anda dapat memberitahukan padanya bahwa bentuk dari binatang yang ada di bumi kurang lebih memiliki bentuk yang sama seperti yang ada pada gambar.

Sebagai contohnya, Anda dapat memberitahunya bahwa singa merupakan raja hutan yang memiliki rambut tebal di sekitar lehernya, atau orang tua juga bisa bercerita bahwa beruang memiliki tubuh besar dan kuku yang panjang dan tajam, dan lain sebagainya.

Banyak sekali kan, manfaat yang diperoleh buah hati saat Anda membacakan buku cerita anak padanya? Anda dapat membelikan koleksi buku dongeng menarik lainnya dari toko buku atau situs e-commerce favorit yang jual menjual buku-buku cerita anak bergambar terbaik. Mari buat perkembangan otak buah hati menjadi semakin maksimal.

author
No Response

Leave a reply "Manfaat Membacakan Buku Cerita Anak Untuknya"