Membangun Karakter Kunci untuk Kesuksesan Buah Hati

Membangun Karakter Kunci untuk Kesuksesan Buah Hati

Karakter Anak – Siapa sih yang tak ingin memiliki buah hati yang akan sukses di saat ini dan masa depan? Kesuksesan memang menjadi harapan dan doa para orang tua terhadap anak-anak mereka dimanapun berada. Namun, Bunda perlu tahu bahwa berdoa dan berharap saja tidak cukup lho untuk memberikan bekal pada si Kecil. Sejak ini, Bunda harus memupuk karakter anak yang bisa membuatnya sukses dimanapun berada.

Menurut Paul Tough, seorang penulis buku perkembangan anak, kesuksesan seorang anak tidak ditentukan dari skor IQ, nilai tes, atau kemampuan akademik, melainkan ditentukan dari karakter anak. Senada dengan pernyataan Tough, Hilary Wilce juga menyatakan bahwa rahasia utama agar buah hati bisa berkembang adalah sifat atau karakter yang ada di dalam diri anak sendiri.

Mengenai hal tersebut, penelitian di Amerika juga membuktikan bahwa meningkatnya prestasi anak disebabkan oleh motivasi untuk mengembangkan sikap yang baik melalui pembentukan karakter. Hal inilah yang membuat banyak sekolah di negara maju lebih memprioritaskan pendidikan karakter anak untuk meningkatkan kualitas sumber dayanya.

Bagi Bunda yang ingin membentuk karakter anak positif demi menuju kesuksesan di masa sekarang dan masa depan si Kecil, Bunda bisa memupuk enam karakter yang menjadi kunci sukses bagi buah hati, yaitu:

  • Sikap menghargai kehidupan

Buah hati yang mampu menghargai kehidupan dengan mensyukuri apa yang ia miliki lebih mudah untuk menerima hal-hal yang tidak selalu sesuai dengan harapannya. Dengan demikian, si Kecil mampu memiliki sifat terbuka dan sifat percaya diri yang memiliki pengaruh positif untuk perkembangannya. Hal ini bisa dipupuk sejak dini dengan mengajarkan dan menghargai setiap aspek yang ada di dunia melalui contoh.

  • Suka belajar

Sifat suka belajar pada buah hati bisa membuat si Kecil lebih realitis dan pantang menyerah menghadapi persoalan dalam kehidupannya. Sifat ini bisa Bunda tumbuhkan dengan membiasakannya suka membaca buku dan menemukan hal-hal baru dalam lingkungan

  • Disiplin

Sifat dasar yang harus dimilik si Kecil sejak dini ini dapat membuat buah hati mampu mengelola waktu dan menjaga dirinya agar tetap dan bahagia. Bunda bisa membiaskan buah hati untuk bangun pagi, merespon dengan sopan ketika dipanggil, dan mematuhi peraturan dimapun ia berada.

  • Kejujuran

Kejujuran dapat membantu si Kecil untuk menciptakan kepercayaan dan rasa percaya diri. Bunda bisa menerapkannya dengan langkah-langkah kecil, mulai dari membiasakan ia jujur dalam aktivitas sehari-hari.

  • Keberanian

Karakter anak yang satu ini akan membantu buah hati untuk berani mencoba tantangan baru yang dapat membangun potensi dirinya. Bunda bisa menerapkannya dengan memberikan kebebasan untuk si Kecil berkespresi dengan hal-hal yang baru, misalnya belajar musik, olahraga, turnamen, dan sebagainya.

  • Kebaikan

Sifat ini berhubungan dengan empati, kepedulian, dan kasih sayang. Bunda bisa mengajarkannya dengan mendorong si Kecil untuk mencintai alam, binatang, dan juga bersikap sopan santun terhadap orang lain.

Dengan memiliki karakter anak positif, si Kecil bukan hanya akan memiliki kemampuan akademik yang baik, melainkan juga dapat mengembangkan dirinya dengan mental dan sifat luhur yang siap meraih kesuksesan. Bunda sebagai orang tua sekaligus guru bisa memberikan contoh sekaligus motivasi yang mendorong buah hati tumbuh dan berkembang menjadi sosok yang memiliki karakter anak hebat untuk kesuksesannya di masa depan.

 

No Response

Leave a reply "Membangun Karakter Kunci untuk Kesuksesan Buah Hati"