Membentuk Karakter Anak Sejak Dini

No comment 1239 views

Membentuk Karakter Anak Sejak Dini

Karakter Anak – Pernahkah anda mendengar Pendidikan Karakter anak usia dini?. Nah inilah yang sekarang ini sedang menjadi trend dan menjadi pembahasan pokok para pemerhati pendidikan Indonesia. Melalui riset dari berbagai profesional yang berkompeten dibidangnya, akhirnya terciptalah sebuah metode baru yang disebut Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.

  • Mulai sejak dini

Karakter Anak usia dini (0-6 th) adalah unik. Mereka aktif, spontan, ceria, dan penuh rasa ingin tahu. Smua stimulus akan direspon pada usia ini, semua informasi akan diserap dan mereka akan menangkap apa saja yang ada disekitarnya. Anak-anak aktif dan belajar melalui semua inderanya.

Anak usia dini kita ibaratkan seperti spons yang menyerap smua yang ada di sekelilingnya dan semua yang diserap itu akan menjadi fondasi penting dalam pembentukan karakter kelak.

Pendidikan karakter pada anak usia dini merupakan proses belajar tentang segala aspek dan komponen yang dibutuhkan untuk membentuk kepribadian yang matang dan paripurna, dimana orang tua, guru, lingkungan dan masyarakat berperan sebagai pilar utamanya. pada usia ini anak sangat membutuhkan keteladanan, bukan hanya sekedar nasehat atau norma tertulis.

  • Pembentukan Karakter anak 

Banyak orangtua beranggapan bahwa semakin anak jenius semakin ia akan sukses. Semakin sering anak mendapatkan rangking di kelas semakin anak tersebut akan berhasil.

Persepsi ini menurut saya kurang tepat dan saya kurang setuju karena sebenarnya karakter anak tidak sepenuhnya bawaan sejak lahir. Karakter setiap anak bisa dibentuk sesuai apa yang orangtua kehendaki, dan tentunya treatment orangtua terhadap anak akan merefleksikan dan mempengaruhi perkembangan setiap anak.

Pada usia dini inilah, karakter anak akan terbentuk dari hasil belajar dan menyerap dari perilaku kita sebagai orang tua dan dari lingkungan sekitarnya. Pada usia ini perkembang mental berlangsung sangat cepat. Pada usia itu pula anak menjadi sangat sensitif dan peka mempelajari dan berlatih sesuatu yang dilihatnya, dirasakannya dan didengarkannya dari lingkungannya. Oleh karena itu, lingkungan yang positif akan membentuk karakter yang positif dan sukses.

Maka dari itu, anda sebagai orang tua hendaknya memanfaatkan masa emas anak untuk memberikan pendidikan karakter yang baik. Sehingga anak bisa meraih keberhasilan dan kesuksesan dalam kehidupannya di masa mendatang tanpa ada rasa ragu dalam mengambil keputusan.

author
No Response

Leave a reply "Membentuk Karakter Anak Sejak Dini"