Menjaga Atau Merawat Bayi Baru Lahir

No comment 3150 views

perawatan bayiPerawatan Bayi – Cara merawat bayi baru lahir bisa dibaca selengkapnya di buku posyandu, atau buku panduan ibu dan batita yang banyak dijual di toko buku offline maupun online. Sebenarnya merawat mereka tidaklah terlalu sulit, karena kegiatan aktivitas anak pada saat ini hanya tidur, menyusu, dan buang air. Hampir semua waktu di sepanjang hari digunakan untuk tidur terutama umur 0 – 2 bulan.

Hal ini karena pada umur ini anak belum bisa bermain, bahkan jarak pandang mereka saja masih terbatas, kepala mereka saja belum bisa diangkat sendiri jadi wajar saja kegiatannya hanya tidur, menangis dan menyusu.

Jadi perawatan bayi baru lahir itu hampir sepenuhnya pekerjaan ibu menyusui. Berikut ini adalah berberapa tips yang bisa dilakukan para ibu untuk menjaga atau merawat bayi baru lahir.

1. Ada cairan putih di tali pusat yang masih basah. Tak membutuhkan penanganan khusus, pastikan saja tali pusat tidak berbau.
Cara: Setelah bayi dimandikan, bungkus tali pusat dengan kain kasa yang dibasahi alkohol 70%. Jangan taburi apapun, baik antibiotika atau bedak.
Ke dokter bila: kulit sekitar tali pusat menjadi merah, bengkak atau tampak berdarah.

2. Matanya lengket.
Cara: bersihkan matanya dengan kapas yang dibasahi air matang dari arah hidung ke telinga. Gunakan satu kapas untuk sekali pembersihan.
Ke dokter bila: terlihat ad acairan kuning dan sangat lengket.

3. Mulutnya berbau kurang sedap. Bisa jadi karena ia mulai sering ngiler akibat giginya yang tumbuh. Agar kesehatan gigi dan mulutnya terjaga, setiap kali habis makan atau minum susu, bersihkan mulutnya dengan sikat khusus. Atau dengan kain kassa basah yang dicelupkan ke air matang kemudian dibungkuskan ke jari lalu sosokkan ke geliginya.

4. Giginya mulai tumbuh. Bayi menjadi malas makan, lebih rewel di malam hari karena gusinya sakit dan amengeluarkan banyak air liur.
•  Jika demam, beri obat penurun panas.
•  Beri mainan yang dapat digigit-gigit.
•  Lakukan sentuhan (pijatan ringan) di daerah raham mulut agar bayi lebih nyaman.

5. Ada bekas ‘merah-merah’ di seputar mulut dan pipi. Kemungkinana karena bekas tetesan air susu. Segera setelah menyusui, bersihkan seputar mulut dan pipi bayi dari bekas-bekas susu dengan air bersih dan lap agar kering.
Jangan menaburkan bedak di atas kulit yang kemerahan, karena membuat kulit kering, bahkan bisa menyebabkan kulit tersebut jadi gatal.

No Response

Leave a reply "Menjaga Atau Merawat Bayi Baru Lahir"