Moms, Ini Tahap Tumbuh Kembang Bayi yang Normal

Baby-for-TV-Commercial

Tidak hanya saat bayi masih berada di dalam rahim, bayi yang terlahir di dunia pun tetap membutuhkan pemantauan yang ketat dari kedua orangtuanya. Anda dan pasangan perlu memastikan bahwa si kecil mengalami perkembangan yang lancar dan tanpa hambatan. Tidak hanya perkembangan fisik, Anda juga wajib mengetahui perkembangan motorik sekaligus perkembangan sensorik anak. Kenapa hal itu penting? Alasannya adalah karena dengan demikian Anda akan dapat mendeteksi dini seandainya ada gangguan perkembangan yang membahayakan nyawa si kecil. Apa sajakah tahap tumbuh kembang bayi yang normal? Simak informasinya berikut ini.

 
• Usia 1 Bulan
Tumbuh kembang bayi yang normal sudah bisa Anda amati semenjak bayi Anda menginjak usia 1 bulan. Sejak kelahirannya di usia 0 bulan, bayi akan mengalami perkembangan fisik yang pesat, dimana berat badannya akan melonjak mulai dari berat badan 2,5 kilogram menjadi 5,7 kilogram dalam kurun waktu sebulan. Pada bayi laki-laki ia akan mengalami pertumbuhan tinggi badan mencapai 56,8 cm. Sedangkan pada bayi perempuan, si kecil akan memiliki berat badan sekitar 5,5 kilogram serta panjang badan sekitar 57,6 cm.

Tak hanya itu, bayi pun mulai menunjukkan kemajuan aktivitas motorik dimana ia sudah mulai dapat menggerakkan tangan dan kaki serta menoleh ke kanan dan ke kiri. Bayi juga sudah mulai bisa bereaksi terhadap bunyi-bunyi yang ada di sekitarnya. Si kecil juga sudah mulai bisa mengidentifikasi wajah dan suara kedua orangtuanya.

 
• Usia 2 Bulan
Di usia ini, berat badan bayi laki-laki mencapai 4,2 kilogram hingga 6,9 kilogram. Sedangkan pada bayi perempuan, bayi mulai mengalami pertambahan berat badan sekitar 4,0 kilogram hingga 6,7 kilogram. Panjang badan pada bayi laki-laki juga sudah mulai bertambah mulai dari 54,4 cm hingga 62,6 cm. Bayi perempuan akan memiliki panjang tubuh sekitar 53 cm hingga 61,1 cm.

Otot kepala dan leher bayi sudah semakin menguat sehingga bayi sudah mulai bisa mengangkat kepala ketika ia ditengkurapkan, walaupun ia tidak bisa melakukannya dalam jangka waktu yang panjang. Bayi juga sudah mulai bisa tersenyum spontan dan mengeluarkan bunyi-bunyian sederhana dari mulutnya.

 
• Usia 3 Bulan
Bayi laki-laki Anda kini memiliki berat badan normal sekitar 5 kilogram hingga 8 kilogram. Tak jauh berbeda, bayi perempuan akan memiliki berat badan sekitar 4,6 kilogram hingga 7,5 kilogram. Panjang badan bayi pun mulai bertambah, yaitu sekitar 57,3 cm hingga 65,6 cm pada bayi laki-laki, dan 53,6 cm hingga 64 cm pada bayi perempuan.

Kini bayi Anda juga sudah mulai bisa mengangkat kepala lebih lama, dan bahkan lehernya sudah mampu menyangga kepalanya dengan sempurna saat ia duduk. Ia juga sudah mulai bisa menggenggam berbagai macam barang. Anak juga sudah mulai lebih bisa menunjukkan ekspresi, seperti tertawa dan berteriak.

Demikianlah tahapan tumbuh kembang bayi yang normal sejak 1 bulan hingga 3 bulan. Semoga informasi ini bermanfaat, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Ini Tahap Tumbuh Kembang Bayi yang Normal"