Nutrisi-Nutrisi yang Dibutuhkan Balita

perkembangan balitaPerkembangan Balita – balita harus mendapatkan jumlah asupan nutrisi yang cukup. Pasalnya, kekurangan nutrisi dapat mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan balita, kurangnya berat badan, dan terhambatnya perkembangan fisik dan kognitif balita. Oleh karena itu, pastikan bahwa buah hati ibu mendapatkan jumlah nutrisi yang cukup.

Apa saja nutrisi yang dibutuhkan oleh balita? Nutrisi yang penting untuk tumbuh dan kembang balita adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Pada dasarnya, kebutuhan nutrisi balita tersebut sudah bisa ibu cukupi dengan memberikan ASI eksklusif (kecuali vitamin D dan zat besi yang jumlahnya rendah dalam ASI).

Tetapi terdapat berberapa gizi yang dibutuhkan oleh seorang balita, berikut ini adalah penjelasan tentang kebutuhan gizi yang dibutuhkan untuk menunjang perkembangan balita.

1. Energi

Untuk menunjang keselutuhan proses pertumbuhan dan perkembangan otak. Usia 1 sampai 6 bulan kebuuhan energi meningkat sesuai dengan berat badan, kurang lebih 112 kkal perkilogeam berat badan.

Sampai usia dua tahun, keperluan energi per kilogram berat badan menurun, ini berlangsung selama masa anak-anak. Kebutuhan energi pada usia 6 sampai 24 bulan adalah 950 kkal per hari.

2. Protein

Untuk membentuk sel-sel baru yang akan menunjang proses pertumbuhan seluruh organ tubuh, juga pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Kebutuhan protein pada usia 6 sampai 24 bulan adalah 20 gram.

3. Lemak

Berperan penting dalam proses tumbuh kembang sel-sel saraf otak untuk kecerdasan anak. Lemak yang diperlukan yaitu asam lemak esensial (asam linoleat atau omega 6, asam linolenat atau omega 3) dan asam lemak non esensial (asam oleat atau omega 9, EPA, DHA, AA.

4. Vitamin A

Untuk menjaga kesehatan mata, menjaga kelembutan kulit dan pertumbuhan optimal anak.

5. Vitamin C

Untuk pembentukan kolagen (tulang rawan), meningkatkan daya tahan tubuh dan penyerapan kalsium yang diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat.

6. Yodium

Berperan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh sehingga tidak mengalami hambatan seperti kerdil atau ukuran tubuh tidak berkembang. Selain itu juga berperan dalam proses metabolisme tubuh, mengubah karoten yang terdapat dalam makanan menjadi vitamin A.

No Response

Leave a reply "Nutrisi-Nutrisi yang Dibutuhkan Balita"