Nutrisi Pada Balita – MPASI Pelengkap Nutrisi Pada Balita

Nutrisi Balita

Nutrisi Pada Balita – Nutrisi adalah kebutuhan dari balita yang sangat menunjang perkembangan fisik dan juga otak dari balita. Cara memenuhi nutrisi dari pada balita tentu dengan asupan sehat, ketika bayi baru lahir tentu nutrisi pada balita terpenuhi dengan adanya ASI. tetapi setelah usia lebih dari 6 bulan, nutrisi balita akan di pebuhi dengan MPASI.

MPASI adalah makanan maupun minuman yang bervariasi yang diberikan kepada balita. MPASI terbagi menjadi dua, yaitu MPASI yang dibuat sendiri di rumah (MPASI keluarga) dan MPASI siap saji (pabrikan). Nah, yang penting diperhatikan, kuantitas MPASI yang diberikan harus mencukupi kebutuhan bayi dengan kualitas nutrisi yang baik dan seimbang.

Secara umum, MPASI harus memenuhi persyaratan tentang jumlah nutrisi yang diperlukan balita, seperti protein, energi, lemak, vitamin, mineral, dan zat-zat tambahan lainnya. Menurut Lilian Juwono (2004), MPASI yang memenuhi nutrisi pada balita adalah:

  • Kalsium

Berguna untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat, membantu menyehatkan saraf dan fungsi otot. Kalsium juga bermanfaat untuk membantu pembekuan darah, dan membantu tubuh dalam mengubah makanan menjadi energi. Kalsium bisa didapatkan dari yogurt buah atau tawar yang rendah lemak, susu cokelat, puding, dan sebagainya.

  • Asam lemak esensial (Essential Fatty Acids/EFAs)

nutrisi yang satu ini berguna untuk membentuk sel tubuh, mengatur sistem saraf, menguatkan sistem kardiovaskular, membentuk imunitas, dan membantu tubuh menyerap nutrisi yang dibutuhkan. EFAs juga penting untuk kesehatan fungsi otak dan penglihatan. Zat ini bisa diperoleh dalam kacang kedelai, tofu, selai kacang, dan lain-lain.

  • Zat Besi

Bermanfaat untuk membuat hemoglobin dan mioglobin, yaitu pigmen yang menyimpan oksigen di otot. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia, yang pada akhirnya bisa menyebabkan kelelahan, tubuh lemah dan mudah teriritasi. Oatmeal, sereal, kismis, dan bayam merupakan beberapa contoh makanan yang mengandung zat besi.

  • Magnesium

Memelihara tulang agar tetap kuat dan irama detak jantung stabil, membantu sistem kekebalantubuh, dan membantu memelihara fungsi otot dan saraf merupakan manfaat yang bisa diperoleh dari magnesium. nutrisi penting ini terdapat dalam kacang dan mete panggang, roti gandum utuh, pisang, dan alpukat.

No Response

Leave a reply "Nutrisi Pada Balita – MPASI Pelengkap Nutrisi Pada Balita"