Pengertian Tentang Pembentukan Karakter Anak Positif

Pengertian Tentang Pembentukan Karakter Anak Positif

Karakter anak – Memiliki anak yang sehat, cerdas, sekaligus santun dan berperilaku baik adalah idaman semua orang tua. Tapi pada kenyataannya, untuk mendidik dan membentuk anak untuk berkarakter positif bukanlah hal yang mudah. Diperlukan kesabaran dan ketelatenan serta kemauan untuk terus belajar dan memperbaiki diri dalam membimbing dan yang paling penting menjadi teladan bagi anak.

Masa depan yang baik akan bisa tercapai jika anak diberikan pembelajaran tata krama dan juga kemandirian yang tepat. Kebiasaan yang baik akan membantu anak untuk bisa hidup dengan baik dan sehat. Berbagai macam cara akan dilakukan oleh orang tua untuk bisa membimbing anaknya ke arah yang baik. Memasukkan anaknya ke sekolah atau lembaga pendidikan dini lain menjadi salah satu cara para orang tua untuk membentuk karakter anaknya. Instansi pendidikan semacam TK memang banyak menjadi tujuan para orang tua.

  • Kualitas input yang diterima

Seorang anak pada usia dibawah 10 tahun belum mempunyai fondasi yang kuat dalam prinsip hidup, cara berpikir, dan tingkah laku. Artinya, semua hal yang dilihat, didengar, dan dirasakan olehnya selama masa pertumbuhan tersebut akan diserap semuanya oleh pikiran dan dijadikan sebagai dasar atau prinsip dalam hidupnya. Adalah tugas orang tua untuk memilah dan menentukan, input-input mana saja yang perlu dimasukkan,dan mana yang perlu dihindarkan. Menonton televisi misalnya, tidaksemua acara itu bagus. Demikian juga dengan membaca majalah, menontonfilm, mendengarkan radio, dan sebagainya.

Apa itu karakter anak dan Lalu apa yang dimaksud dengan karakter positif atau karakter yang baik pada anak?

Di setiap masyarakat, ada tatanan nilai atau norma yang mengatur apa yang dianggap baik atau buruk. Selain itu juga ada nilai agama dan budaya yang mendukungnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa karakter anak adalah sikap dan perilaku baik yang dapat diterima dan sesuai dengan nilai budaya, agama dan norma masyarakat. Ada beberapa sifat karakter anak ini, diantaranya:

  • Karakter yang bersifat universal
  • Karakter yang mencakup cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak
  • Karakter yang hasil dari pembiasaan
  • Karakter yang perlu dikenalkan, dilatihkan, dibiasakan
  • Karakter yang membutuhkan waktu untuk berhasil dan tertanam pada anak
author
No Response

Leave a reply "Pengertian Tentang Pembentukan Karakter Anak Positif"