Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kecerdasan Anak

Psikologi AnakPsikologi Anak – Tanggung jawab orangtua sebagai guru yang terbaik bagi anak-anaknya tidak boleh dialihkan kepada guru di Sekolah.Mengapa begitu? Karena anak-anak hanya beberapa jam saja di Sekolah, sedangkan sebagian besar waktunya dihabiskan di rumah bersama orangtua. Namun guru adalah mitra terbaik para orangtua dalam mendidik anak-anak, oleh karena itu kerjasama yang baik dan harmonis antara guru di Sekolah dan orangtua diĀ  Rumah diperlukan.

Bagaimana seorang anak bisa terbentuk karakternya menjadi pribadi yang mandiri dan tangguh tidak terlepas dari peran orangtua dalam mendidik anaknya dengan penuh perhatian dan pengertian. Dalam mengarahkan dan mendidik anak yang sangat berperan adalah pola asuh orangtua dan cara/metode yang diterapkan.

Kecerdasan anak secara langsung terbentuk karena latihan-latihan dan proses belajar yang terus menerus dalam manggali pengetahuan. Meskipun anak memiliki kemampuan lebih, tanpa adanya pelatihan dan pengasahan otak kecerdasan yang dimiliki tidak akan berajalan. Sebagai seorang ibu, yang yang perlu dilakukan dalam membantu dan mendukung terbentuknya kesehatan pada anak adalah dengan memberi pelatihan dan mengasah otak anak secara teratur namun dengan proporsi sesuai usia anak.

Untuk meningkatkan kecerdasan anak, perlu adanya asupan gizi yang benar-benar diperhatikan dan benar-benar ditimbang. Memberikan susu, daging, ikan laut maupun ikan air tawar adalah asupan gizi yang mampu meningkatkan cara kerja otak. Selain itu, biasakan anak-anak untuk mau mengkonsumsi sayuran dan buahan, kedua suplemen ini sangat penting untuk tumbuh kembang anak.

Sebagai seorang ibu, biarkan anak menjalani kesehariannya sesuai keinginannya, namun tetap pada pengawasan dan nasehat yang baik agar anak tidak menyimpang dari norma yang ada. Biarkan anak belajar pada hal-hal yang sesuai bakat dan minatnya, jangan paksakan anak mengikuti segala kemauan orang tua. Hal ini membuat anak tertekan dan tidak baik bagi psikologis anak terutama pada pola pikir serta kecerdasannya. Jadi peran ibu dalam meningkatkan kecerdasan anak sangat menentukan.

Sebagai orang tua tentu sangat ingin perkembangan psikologi anak bisa selalu terjaga, maka dari itu orang tua tidak boleh lalai dalam menjaga anak, karena peran orang tua sangat penting bagi perkembangan otak anak.

No Response

Leave a reply "Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kecerdasan Anak"