Perhatikan “3C” Saat Pilih Aplikasi HP Anak

Aplikasi HP, Aplikasi HP Anak, Aplikasi Terbaik

Aplikasi HP – Hidup di zaman serba canggih tentu membuat masyarakat sulit terlepas dari perangkat seluler pintar maupun tablet yang bisa dikostumisasi dengan menambahkan beberapa aplikasi HP untuk memudahkan kehidupan. Ketergantungan masyarakat terhadap perangkat telekomunikasi tersebut berdampak pada anak-anak yang semakin cepat menguasai cara pengoperasian sebuah perangkat.

Sebagian besar orang tua masa kini tidak keberatan memberikan perangkat teknologi  sebagai sarana menghibur sang buah hati. Anda yang menambahkan aplikasi HP untuk hal tersebut sebaiknya mencari tidak sembarangan memilih aplikasi HP terbaik yang tidak hanya mampu menghibur anak namun juga memiliki dampak positif terhadap perkembangannya.

Ada tiga hal penting yang perlu Anda sadari ketika memilih aplikasi HP tebaru untuk si Kecil. Penasaran dengan hal tersebut? Ayo intip ulasan lengkapnya berikut:

a. ContextContext (bahasa Indonesia dikenal sebagai konteks) mengacu kepada tujuan penggunaan Aplikasi HP favorit dan apa yang terjadi sebelum, selama, dan setelah penggunaan sebuah perangkat lunak. Pastikan Anda memberikan aplikasi HP terbaik agar si Kecil tidak hanya merasa senang namun juga mendapatkan pelajaran.

Anda yang bermaksud memberikan aplikasi HP favorit dapat terlebih dahulu menanyakan poin berikut, antara lain:
Apa yang akan dipelajari si Kecil dari aplikasi HP yang telah dipasang? Dapatkah si Kecil mendapatkan pembelajaran yang sama dengan cara lebih natural?

  1. Apakah sang anak benar-benar belajar atau hanya menekan tombol navigasi perangkat?
  2. Apa yang akan dilakukan sang anak apabila aplikasi HP atau perangkat tersebut tidak ada?
  3. Apakah saya terlibat ketika si Kecil memainkan aplikasi HP keren? Dapatkah saya dan si Kecil bermain bersama?
  4. Apakah sang buah hati lebih bnayak menghabisakan waktu dengan media dan teknologi dibandingkan aktivitas lain?
  5. Apakah anak menjadi pasif bila memainkan aplikasi HP tersebut?

b. Content (Isi)

Pastikan aplikasi HP Android, aplikasi HP BlackBerry, aplikasi HP iPad, dan lain sebagainya tidak berisi hal-hal yang dapat mengganggu perkembangan, seperti kekerasan maupun pornografi. Anda bisa menanyakan poin berikut sebelum memasang aplikasi HP pilihan di perangkat telekomunikasi:

  1. Apa yang sebenarnya si Kecil lakukan dengan menggunakan aplikasi tersebut?
  2. Adakah konten khusus yang mampu mengganggu perkembangan?
  3. Pelajaran apa yang akan didapatkan si Kecil dari aplikasi HP tersebut?
  4. Apakah anak berpotensi meniru kegiatan dalam aplikasi HP itu?

c. Child (anak)

Anak membutuhkan aktivitas yang melibatkan banyak gerak, kontrol sensor, hingga penggunaan bahasa untuk memaksimalkan perkembangan otak. Pastikan Anda memperhatikan lama waktu si Kecil memainkan aplikasi HP yang dipasang di perangkat telekomunikasi.

Anda yang memiliki kemampuan mengembangkan aplikasi HP juga bisa membuat perangkat lunak khusus sang buah hati. Anda bisa mendapatkan tutorial cara membuat aplikasi sendiri, cara membuat aplikasi HP Java, cara membuat aplikasi HP Symbian, dan lain sebagainya. Apapun itu, pastikan si Kecil bisa bermain sekaligus belajar dengan riang.

author
No Response

Leave a reply "Perhatikan “3C” Saat Pilih Aplikasi HP Anak"