Perkaya Kosakata Saat Anak Belajar Bicara

No comment 1186 views

belajar bicara

Belajar bicara- Apakah yang bisa Ibu lakukan untuk mengoptimalkan kemampuan anak saat belajar bicara? Untuk dapat lancar berbicara dan membangun komunikasi dengan lingkungannya, tentunya anak-anak membutuhkan proses yang sedemikian panjang yang harus dilewatinya. Proses ini mulai dari fase yang sangat awal yaitu mengenal huruf, suku kata, kata, hingga mmebentuknya menjadi kalimat,

Nah, untuk melewati proses yang sedemikian panjang ini, peran orang tua sangat diperlukan untuk mengoptimalkan kemampuan bahasa anak saat belajar bicara. Apa saja sih yang dapat dilakukan orang tua untuk memaksimalkan kemampuan bahasa anak saat belajar bicara? Ini dia beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan:

  1. Ajak bicara

Mengajak bicara adalah salah satu cara efektif untuk melatih kemampuan anak yang sedang belajar bicara meskipun ia belum sepenuhnya mengerti dan mengikuti apa Ibu ucap. Ibu dapat menarasikan setiap kegiatan yang dilakukan bersamanya secara sederhana misalnya saat mandi, makan, dan bermain bersama. Semakin sering mengajaknya bicara, akan semakin banyak kosakata yang diingatnya.

  1. Ajak membaca

Membaca juga dapat menjadi sarana yang baik untuk mengenal kosakata. Tidak ada istilah terlalu dini untuk mengajarkan anak membaca. Ibu dapat memulai dari buku-buku cerita bergambar warna-warni. Sambil bercerita dan menujukkan gambar, tak hanya kosakata saja yang diperkaya tetapi penegtahuan tentang warna dan bentuk juga  ikut berkembang.

  1. Ajak bercerita

Tak hanya membacakan cerita, Ibu juga bisa mengajak si Kecil untuk bercerita tentang kisah yang menarik minat dan kesukaannya seperti cerita petualangan dengan karakter hewan yang berakhir membahagiakan. Usahakan agar cerita yang Ibu bangun itu tidak menakutkan dan tak berbau unsur kekerasan, sebaliknya, cerita-cerita yang membahagiakan akan dapat membuat si Kecil merasa senang.

  1. Ajak bermain komputer atau menonton televisi

Tak selamanya perangkat elektronik harus dijauhkan dari si Kecil karena ketakutan akan dampak buruknya. Ibu dapat memilih dan memilah dengan bijak tayangan televisi mana yang cukup mendidik yang bisa membuat anak berinteraksi dan menunjang kemampuan bahasanya. Selain itu, jika ada perangkat komputer di rumah, Ibu pun bisa memilih aplikasi yang bermanfaat sebagai sarana belajar si Kecil.

  1. Ajak jalan-jalan

Mengajak anak jalan-jalan tak itu juga penting lho, Bu. Tak hanya akan membuat anak senang dan gembira di ajak keluar rumah, jalan-jalan juga akan membukakan dunia baru bagi si Kecil. Kebun binatang, akuarium, atau taman kota bisa menjadi sarana rekreasi keluarga sekaligus mengenalkan pada anak tentang makluk hidup dan benda-benda lain yang ditemui di sekitarnya.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua untuk mengoptimalkan kemampuan bahasa anak saat belajar bicara. Jangan pernah letih untuk terus mengenalkan hal-hal baru kepadanya karena meskipun ia belum dapat merespon Ibu dengan baik, ingatannya mencatatnya sebagai pengetahuan yang baru lho, Bu!

author
No Response

Leave a reply "Perkaya Kosakata Saat Anak Belajar Bicara"