Psikologi Anak – Cara Membimbing Anak yang Baik

psikologi anak

Psikologi Anak – Peran orang tua dalam memberikan pendidikan sangat mempengaruhi psikologi anak atau kejiwaannya. Dengan orang tua turun langsung memberikan pendekatan dalam hal mendidik akan membuat sang buah hati lebih yakin dan berani menhadapai semua tantangan belajar.

Karena cenderung Psikologi Anak pada masa perkembangan itu memiliki sifat ketergantungan, yakni yang lebih spesifiknya masih belum ingin jauh dari orang tua.

Pada masa perkembangan di usia 6 tahun si anak biasa baru mulai akan memiliki jarak dengan orang tua (terutama ibu) karena mungkin tempat tidur yang di pisah dan lain sebagainya. Untuk kondisi ini orang tua harus lebih memahami dan melakukan pendekatan secara emosional yang lebih intim meskipun dengan pemisahan-pemisahan tadi secara kejiwaan tetap terkait erat.

Banyak orang tua yang memiliki bermacam-macam motivasi untuk menyekolahkan anak. Sehingga tidak sedikit orang tua yang berlomba-lomba sekuat tenaga menyekolahkan anak mereka ke sekolah-sekolah favorit bahkan mereka rela membayar meskipun mahalnya ”gak ketulungan”.

Agaknya hal seperti itu bukanlah selamnya hal yang positif. Alangkah baiknya orang tua mengetahui apa saja anjuran dan pantangan sebagai orang tua dalam mendampingi anak belajar.

Banyak aktifitas orang tua yang mungkin akan ditiru oleh anak. Jadi sebagai orang tua tentu harus benar-benar berhati-hati dalam melakukan kegiatan rumah tangga. Dan berikut ini merupakan beberapa anjuran bagi orang tua dalam membimbing anak belajar :

  • Berikan bimbingan kepada anak tapi jangan memaksa atau menekan,
  • Bantu anak dalam menentukan target prestasi yang realistis,
  • Tekankan kesenangan, pengembangan ketrampilan, dan manfaat lain kegiatan berprestasi seperti motivasi, keyakinan, dan lain-lain
  • Perlihatkan minat terhadap kegiatan anak, misalnya memberikan sarana, hadiri penampilannya, dan lain-lain,
  • Berikan dukungan yang positif,
  • Pahami bahwa kadang-kadang seorang anak mungkin memerlukan istirahat dari kegiatannya,
  • Pertahankan selera humor,
  • Jadilah anutan yang sehat bagi anak,
  • Beri anak cinta nilai, dan lain-lain

Semoga informasi tentang Cara mendidik Anak yang baik di atas dapat membantu para orang tua dalam meningkatkan pengetahuan orang tua maupun juga dalam meningkatkan psikologi anak.

No Response

Leave a reply "Psikologi Anak – Cara Membimbing Anak yang Baik"