Psikologi Anak – Tips Membimbing Belajar Anak

psikologi anak

Psikologi Anak – Kebanyakan orang tua mengharapkan anaknya memiliki prestasi akademik yang bagus. Nilai tinggi ditambah sikap anak yang semakin menunjukkan kedewasaan sesuai usianya, menjadi beberapa indikator suksesnya anak menempa ilmu di sekolah.

Namun jangan salah, Anda pun juga punya tugas agar sang buah hati bisa menggapai itu semua. Salah satunya adalah berusaha menjadikan kemampuan otaknya selalu prima. Ini akan memudahkan sang buah hati menyerap dan mengaplikasikan ilmunya.

Tetapi banyak orang tua yang belum mengerti tentang cara membimbing anak agar perkembangan psikologi anak dapat berkembang dengan baik dan benar.

Mungkin untuk para orang tua yang sudah mengerti tentnagn cara membimbingnya akan mudah sekali. Berbeda dengan para orang tua yang belum mengerti tentang cara membimbing anak belajar. Dan berikut merupakan beberapa anjuran bagi orang tua dalam membimbing anak belajar :

  1. Berikan bimbingan kepada anak tapi jangan memaksa atau menekan,
  2. Bantu anak dalam menentukan target prestasi yang realistis,
  3. Tekankan kesenangan, pengembangan ketrampilan, dan manfaat lain kegiatan berprestasi seperti motivasi, keyakinan, dan lain-lain
  4. Perlihatkan minat terhadap kegiatan anak, misalnya memberikan sarana, hadiri penampilannya, dan lain-lain,
  5. Berikan dukungan yang positif,
  6. Pahami bahwa kadang-kadang seorang anak mungkin memerlukan istirahat dari kegiatannya,
  7. Pertahankan selera humor,
  8. Jadilah anutan yang sehat bagi anak,
  9. Beri anak cinta nilai, dan lain-lain

Itulah beberapa anjuran yang setidaknya bisa dilakukan oleh orang tua dalam mendukung anaknya berprestasi. Tetapi ada 1 hal yang sangat berati dalam proses perkembangan psikologi dan otak sang buah hati, 1 hal tersebut adalah Beretika yang baik dan berdoa.

Sering kali para guru mengeluh bahwa anak tidak menghormati guru, membantah, dan berdebat dengan guru. Hal ini membuat guru kesal dan berakhir dengan penilaian jelek kepada anak. Oleh sebab itu orang tua harus mengajari anak untuk menghormati guru; berkata sopan, bersikap hormat dan patuh, senang bertegur sapa.

Jika ada pendapat atau tindakan guru yang tidak dapat diterima anak maka ajarkan kepada anak cara penyampaian alasan penolakan dengan masuk akal yang dapat juga diterima guru. Dan anak harus dibiasakan untuk berdoa supaya anak mengerti bahwa kita bukan yang paling mampu segala-galanya, masih ada Tuhan yang Maha Kuasa.

No Response

Leave a reply "Psikologi Anak – Tips Membimbing Belajar Anak"