Simak Cara Melatih Bayi Untuk Duduk Sendiri

116-RSO-Tumbuh-kembang-anak

Sejak bayi menginjak usia 1 bulan, bayi Anda sudah mulai memasuki masa Golden Age dimana kemampuan fisik motorik anak, baik motorik kasar maupun motorik halus, serta kemampuan kognitif bayi mulai berkembang sangat pesat. Bayi Anda pada umumnya akan mulai belajar untuk merangkak, duduk, serta berdiri dan berjalan dengan kedua kakinya. Tiap perkembangan dari bayi Anda yang menggembirakan tentunya membuat Anda merasa lega. Umumnya bayi sudah mulai bisa bergerak aktif dan melakukan gerakan miring ke kanan dan kiri saat ia menginjak usia 3-4 bulan, dan di saat itulah Anda bisa mengajari bayi Anda untuk duduk tegak. Namun, hal yang wajib Anda perhatikan adalah cara melatih bayi untuk duduk sendiri berikut ini memerlukan dedikasi dan kesabaran yang sangat tinggi dari Anda dan suami.
• Di usia 3-4 bulan, bayi Anda masih memiliki struktur punggung yang cukup lemah sehingga ia belum mampu duduk dengan tegak. Jadi pertama-tama Anda dapat mendudukkannya di pangkuan Anda. Setelah itu, perlahan-lahan mulai letakkan ia di sofa dengan posisi duduk. Perlu dicatat bahwa bayi Anda tidak akan dapat langsung duduk dengan baik dan seringkali ia akan berguling ke depan atau ke samping. Hal tersebut sangatlah wajar dan Anda tidak perlu memaksakan bayi untuk duduk tegak. Tetap awasi bayi Anda agar ia tidak terguling jatuh dari sofa. Atau kalau Anda cemas, Anda dapat menggenggam kedua tangannya agar ia tidak terguling ke arah depan.
• Selain di sofa, Anda juga dapat mendudukkan bayi Anda di kasur yang empuk dengan sandaran punggung dari bantal. Letakkan beberapa buah bantal lainnya di tiap sisi bayi, yaitu pada sisi kanan, kiri, depan, dan belakang. Moms perlu hati-hati agar jangan terlalu lama mendudukkan bayi. Bayi bisa saja mulai merasa tidak nyaman sehingga membuatnya jadi menangis atau rewel, dan juga bayi yang terlalu lama didudukkan berisiko mengalami masalah gangguan pencernaan yaitu konstipasi.
• Anda juga dapat mengajari bayi Anda untuk duduk dengan bertopang pada kedua tangannya. Sekali lagi, jangan lantas frustrasi jika ia tidak kunjung menguasai metode ini. Bayi Anda umumnya hanya akan bersandar pada satu tangan, sedangkan tangan yang lain akan sibuk menggapai-gapai ke arah Anda. Tetaplah sabar dan jangan terlalu berambisi untuk membuat bayi langsung bisa. Karena sekali lagi, mendidik anak bukanlah sebuah kompetisi.
Selamat mempraktekkan cara melatih bayi untuk duduk sendiri di atas, Bunda. Semoga membantu.

author
No Response

Leave a reply "Simak Cara Melatih Bayi Untuk Duduk Sendiri"