Sudah Tahu Manfaat Berenang bagi Anak?

No comment 270 views

manfaat-berenang-bagi-bayi

Kita tentunya sudah sangat mengetahui manfaat dari berenang. Olahraga air ini sangat ideal untuk melatih hampir seluruh otot tubuh, dan termasuk olahraga ringan yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Dan ternyata tidak hanya orang dewasa saja yang dapat meraup keuntungan dari olahraga renang, Anda juga bisa mengajak anak-anak Anda untuk berenang dan menjadi lebih segar bugar. Apa sajakah manfaat berenang bagi anak? Simak ulasannya berikut ini yuk.

 
• Membekali Anak dengan Ilmu Survival
Tahukah Anda bahwa salah satu faktor terbesar yang menyebabkan kematian balita adalah kasus bayi tenggelam? Kejadian tersebut bisa terjadi di mana saja, bahkan saat ia bermain-main di dekat kolam ikan di belakang rumah Anda. Manfaat berenang bagi anak berusia 1 hingga 14 tahun adalah sebagai ilmu pertahanan hidup yang paling utama untuk mencegah ia dari kecelakaan mati tenggelam.

 
• Membantu Menjaga Berat Badan yang Ideal
Menjaga berat badan ideal bukan hanya menjadi kewajiban bagi orang dewasa saja, anak-anak pun wajib memiliki berat badan yang proporsional. Alasannya tak lebih adalah karena faktor kesehatan, sekaligus menghindarkan si kecil dari resiko obesitas yang dapat berujung pada penyakit diabetes di usianya yang masih sangat muda. Berenang dapat membantu membakar lemak di dalam tubuh si kecil sekaligus menjaga sistem metabolisme tubuh yang berujung pada menguatnya sistem imunitas tubuh.

 
• Membantu Menjaga Kesehatan Mental Anak
Sama seperti jenis olahraga lain, berenang dapat memicu produksi hormon endorfin, atau hormon senang yang berperan dalam menjaga stabilitas mood dan mencegah anak dari terserang gangguan ketidakseimbangan hormon, salah satunya adalah depresi. Bagi anak yang terdiagnosa depresi pun, olahraga satu ini sangat berguna untuk membantu meminimalisir produksi hormon stres dan menggantinya dengan hormon endorfin. Berenang juga bisa menjadi sarana untuk mempererat ikatan anak dengan ayah-ibunya. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mengajaknya berekreasi berenang setiap akhir pekan.

 
• Membantu Sistem Koordinasi Tubuh Anak
Anak-anak atau bayi memiliki sistem koordinasi tubuh yang masih akan terus berkembang hingga ia dewasa nanti. Untuk membantu mengembangkan sistem koordinasi tubuh anak, mengajaknya berenang bisa menjadi metode pelatihan yang ia suka. Berenang tak hanya membantu koordinasi kaki dan tangan, tetapi juga melatih koordinasi napas anak. Tak hanya anak memiliki sistem koordinasi kaki dan tangan yang baik, tapi juga memiliki sistem pernapasan yang dalam dan sehat.

 
Demikianlah beberapa manfaat berenang bagi anak. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Sudah Tahu Manfaat Berenang bagi Anak?"