Susu Bayi – 2 Manfaat Memberikan Air Susu Ibu Untuk Bayi

Susu Bayi

Susu BayiManfaat susu memang tidak ada bandingannya. Minum dua gelas susu setiap hari memberikan jumlah vitamin D yang cukup kepada balita tanpa menurunkan kadar zat besi, asalkan diimbangi konsumsi makanan dengan kadar zat besi yang cukup tinggi.

Dr Jonathon Maguire, dokter anak dan ilmuwan di Rumah Sakit St Michael di Toronto, mengatakan vitamin D dan zat besi adalah nutrisi penting bagi bayi terutama untuk pertumbuhan tubuh dan otak. Dan berikut ini adalah 2 manfaat memberikan air susu ibu untuk bayi.

1. Bayi cerdas sehat dan memiliki EQ tinggi

Jika tidak ada suatu masalah khusus, air susu ibu semakin di minum akan semakin bertambah banyak, jadi tidak perlu merasa kuatir kekurangan. air susu ibu selalu mempunyai suhu standarnya, tingkat kesegaran yang prima dan bebas bakteri, serta mudah dicerna.

Air susu ibu mengandung berbagai macam zat antibodi yang berasal dari ibu, memberi perlindungan terhadap berbagai sumber penularan penyakit bagi bayi. Bayi yang minum air susu ibu dibanding dengan bayi yang minum susu bubuk buatan, lebih jarang terjangkit bermacam penyakit akut maupun kronis.

Air susu ibu juga bisa mengikuti pertumbuhan bayi dengan otomatis merubah komposisinya, untuk menyesuaikan kebutuhan setiap tahap masa pertumbuhan bayi. Air susu ibu tidak mengandung jenis protein dari benda lainnya, bisa mengurangi kemungkinan yang mengakibatkan bayi terkena alergi.

Air susu ibu mengandung komposisi gizi yang sangat dibutuhkan oleh pertumbuhan otak bayi, uji klinis telah membuktikan bahwa bayi yang dibesarkan dengan air susu ibu, IQ-nya (Intellegencia Quotient) lebih tinggi. Melalui proses menyusui, pendekatan intim antara bayi dan ibu, lebih mudah menumbuhkan EQ bayi dalam kepercayaan diri sendiri maupun orang lain.

2. Ibu sehat cantik dan ceria

Ibu yang menyusui setelah melahirkan zat oxytoxin-nya akan bertambah, sehingga dapat mengurangi jumlah darah yang keluar setelah melahirkan. Kandungan dan perut bagian bawah juga lebih cepat menyusut kembali ke bentuk normalnya. Ibu yang menyusui bisa menguras kalori lebih banyak, maka akan lebih cepat pulih ke berat tubuh sebelum hamil.

Ketika menyusui, pengeluaran hormon muda bertambah, menyebabkan ibu dalam masa menyusui tidak ada kerepotan terhadap masalah menstruasi, pada masa ini juga mengurangi kemungkinan terjadinya kehamilan diluar rencana.

Menyusui setelah melahirkan dapat mempercepat pemulihan kepadatan tulang, mengurangi kemungkinan menderita osteoporosis (keropos tulang) setelah masa menopause. Menurut statistik, menyusui juga mengurangi kemungkinan terkena kanker indung telur dan kanker payudara dalam masa menopause.

Juga ibu yang menyusui tidak perlu bangun tengah malam untuk mengaduk susu bubuk, ketika pergi bertamasya juga tidak perlu membawa setumpuk botol dan kaleng susu, bukankah bisa menjadi seorang ibu yang santai dan gembira.

No Response

Leave a reply "Susu Bayi – 2 Manfaat Memberikan Air Susu Ibu Untuk Bayi"