Susu Bayi – Gizi-Gizi Yang Dibutuhkan Oleh Bayi Yang Ada Dalam ASI

Susu Bayi

Susu Bayi Memberikan susu formula bayi walaupun masih memberi susu ASI tentu diperbolehkan. Ibu yang kembali bekerja di kantoran biasanya memiliki masalah kesulitan untuk memopa susu ASI namun di lain pihak mereka masih ingin memberi susu bayi.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menyusui bayi dengan susu ASI dan memberikan susu formula bayi sebagai tambahan. Begitupun bagi Anda yang memiliki masalah produksi susu ASI kurang, bisa memberikan susu formula bayi sebagai tambahan.

Namun tentu saja, susu ASI tetap menjadi pilihan makanan terbaik bagi bayi. Karena dalam Asi Memiliki banyak sekali gizi-gizi yang dapat memenuhi segala kebutuhan gizi sang bayi. Berikut ini adalah gizi-gizi yang dibutuhkan oleh bayi.

  • DHA

(Docosahexanoic Acid), adalah asam lemak esensial omega-3 yang juga terkandung dalam minyak ikan, seperti salmon, makarel, dan tuna. Bermanfaat untuk meningkatkan tumbuh kembang otak serta mata anak.

  • AA atau ARA

Arachodonic Acid jenis asam lemak esensial omega-6 yang terdapat di dalam telur, daging, dan ikan. Manfaatnya untuk membantu menyeimbangkan kadar DHA di dalam tubuh serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

  • Taurin

sejenis asam amino yang dibutuhkan sel tubuh untuk membentuk jaringan-jaringan baru, banyak terkandung di dalam daging serta makanan laut. Bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan anak mengurai lemak serta membantu fungsi hati.

  • Kolin

zat gizi yang termasuk dalam kelompok vitamin B. Banyak terkandung  di dalam telur, kedelai, gandum, dan hati. Berguna untuk menunjang perkembangan sistem saraf anak serta membantu proses metabolism lemak di dalam tubuh.

  • Prebiotik

senyawa yang menjadi media pertumbuhan bakteri “baik” di dalam saluran pencernaan. Banyak terkandung di dalam buah, sayuran, gandum dan serealia, kacang polong. Bentuknya bisa berupa senyawa fruktooligosakarida (FOS) atau galaktooligosakarida (GOS). Bermanfaat meningkatkan pertumbuhan kelompok bakteri “baik” dalam usus.

  • Probiotik

kelompok bakteri asam laktat, salah satunya Bifidobacterium lactis yang hidup di dalam yoghurt. Bermanfaat menambah populasi bakteri “baik” dalam saluran pencernaan supaya sehat dan membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Manfaatnya akan sia-sia jika probiotik dimasukkan susu formula bayi bubuk karena berdasarkan WHO (2009), pembuatan sufor harus dengan air hangat 70% untuk mencegah berkembangkan kuman E. sakazakii, padahal suhu tersebut justru merusak kandungan probiotik.

No Response

Leave a reply "Susu Bayi – Gizi-Gizi Yang Dibutuhkan Oleh Bayi Yang Ada Dalam ASI"