Tahapan-Tahapan Perkembangan Balita

No comment 1674 views

Perkembangan anakPerkembangan Anak – Kondisi anak yang selalu sehat merupakan idaman setiap orang tua. Alangkah bahagianya jika anda melihat anak berlari dan tertawa bahagia dengan lincah cerianya ketika mereka dalam keadaan sehat.

Kesehatan anak anda akan terasa optimal jika perkembangan dan pertumbuhan mereka juga berjalan dengan sempurna. Kebiasaan sehari-hari serta perlakuan orang tua terhadap anak adalah faktor penting untuk menjaga perkembangan dan pertumbuhan maksimal anak.

Berikut adalah beberapa hal yang berhasil dirangkum dari www.pediatrics.about.com terkait dengan beberapa tips bagi orang tua untuk menjaga anak supaya selalu sehat.

  • Belajar untuk selalu memberikan perhatian yang positif kepada anak dan beri anak pujian positif terhadap hal atau aktifitas yang sedang atau berhasil dilakukan oleh anak. Memberikan perhatian dan pujian positif akan membuat anak merasa lebih aman dan dicintai.
  • Belajar untuk berkomunikasi dengan anak dengan cara mengurangi pemberian kritik, mendengarkan permasalahan yang sedang dihadapi oleh anak secara aktif, dan menunjukkan rasa hormat dan peduli atas ide-ide yang diberikan oleh anak.
  • Bantu anak untuk membangun rasa percaya diri. Rasa percaya diri yang dibangun dengan bantuan orang tua akan membantu anak untuk lebih berani menghadapi permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar anak.
  • Besarkan anak di dalam lingkungan yang bebas dari asap, baik asap rokok maupun polusi.

Dengan begitu, anak akan dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat. Semoga tips-tips di atas bermanfaat bagi anda sebagai orang tua dari anak termanis. Selain itu, sebagai orang tua tentu harus tahu tahapan-tahapan perkembangan balita. Berikut juga penjelasnnya.

  • Pada usia 0-1 bulan

Pertumbuhan Bayi mulai menunjukkan perilaku pemicu kasih sayang, menangis, meringkuk, mendekut, Mengangkat kepala, Tangan terkepal erat, Menangis, mendengkur, tersenyum, menangis di saat tidur, penglihatan masih buram , Tidur, bangun, makan, secara tidak menentu, Tingkah lakunya lebih sering dilakukan secara refleks.

  • Pada usia 2 bulan

Bayi Terhubung secara visual dengan bunda, lengan dan kaki relaks. Mulai senang berkomunikasi, protes bila kebutuhannya tidak terpenuhi, memberi isyarat. Membuat asosiasi bahwa tangisan berarti digendong atau disusui.

Pada usia 2-24 bulan

Hampir memiliki kemiripan pada pola dan kebiasaan saat memberikan respon untuk berkomunikasi dengan orang di sekitar.

 

 

 

No Response

Leave a reply "Tahapan-Tahapan Perkembangan Balita"