Tingkatkan IQ Pada Anak Sejak Usia Dini, Beginilah Caranya

Katalogibu – Memiliki anak yang kreatif dan cerdas adalah impian semua orang tua. Membangun kecerdasan anak, sepenuhnya adalah kewajiban Anda sebagai orang tua. Oleh karena itu, Anda harus mempelajari hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk tingkatkan IQ pada anak sejak usia dini. Berikut hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan kecerdasan intelektual anak, antara lain:

  1. Sediakan Sarapan Sehat Setiap Pagi

Sebuah studi dari Inggris juga menemukan bahwa sarapan yang kaya karbohidrat kompleks membantu anak-anak mempertahankan kinerja mental, khususnya mempengaruhi perhatian dan memori. Berikan sarapan sehat seperti buah, sereal gandum, susu rendah lemak dan makanan kaya protein seperti kacang-kacangan dan telur agar anak mendapatkan sumber utama bahan bakar yang dibutuhkan otak.

  1. Berikan Beberapa Pertanyaan untuk Memancing Ide Anak

Tanyakan kepada anak beberapa pertanyaan, seperti bagaimana harinya di sekolah, atau dimana liburan terbaik menurutnya. Hal ini akan mendorong anak Anda untuk memikirkan ide-ide baru yang dapat membantu menciptakan hubungan saraf baru di otak.

  1. Memprioritaskan Jam Tidur Anak

Jika anak Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur, dirinya mungkin akan kehilangan kemampuan otak yang berharga. Tidur mempengaruhi setiap aspek fungsi kognitif anak, termasuk perhatian, memori, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.

  1. Ajak Anak Berolahraga

Aktivitas fisik yang teratur bermanfaat terhadap kesehatan secara keseluruhan dan juga fungsi otak.

  1. Kenalkan Permainan Edukatif pada Anak

Permainan seperti teka-teki membutuhkan ketrampilan, strategi dan memori otak untuk menyelesaikannya. Bermain permainan yang edukatif dapat membantu otak anak Anda menjalin hubungan saraf baru.

  1. Kenalkan Permainan Edukatif pada Anak

Permainan seperti teka-teki membutuhkan ketrampilan, strategi dan memori otak untuk menyelesaikannya. Bermain permainan yang edukatif dapat membantu otak anak Anda menjalin hubungan saraf baru.

  1. Berikan Asupan Vitamin Melalui Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran yang sarat akan kandungan vitamin dan mineral dapat meningkatkan kesehatan phytochemical. Buah dan sayuran juga kaya antioksidan, yang melawan radikal bebas dan melindungi perkembangan otaknya.

  1. Biarkan Anak Anda Mengakrabkan Diri dengan Alam

Menghabiskan waktu di luar rumah dapat meningkatkan fungsi otak anak Anda, terutama perhatian, konsentrasi, kontrol impuls dan memori. Alam tampaknya meremajakan otak dengan memberikan kesempatan pada mental otot untuk beristirahat.

Cara tingkatkan IQ pada anak untuk mendukung kecerdasan intelektual memang penting, namun IQ bukan satu-satunya penentu dalam menilai anak. Hargai diri anak dengan berbagai keunikan mereka masing-masing. Selain itu, orangtua juga perlu memperhatikan faktor tumbuh kembang lain, seperti kecerdasan emosional yang tidak kalah penting.

author
No Response

Leave a reply "Tingkatkan IQ Pada Anak Sejak Usia Dini, Beginilah Caranya"