Tips Membangun Karakter Anak Usia Dini

No comment 1838 views

Tips Membangun Karakter Anak Usia DiniSetiap orang tua pasti mempunyai keinginan menjadikan anaknya menjadi anak yang cerdas dan berperilaku baik serta santun dalam kehidupan sehari hari. Dan juga seorang anak tidak bisa tumbuh sendiri. Dalam hal ini peran orang tua sangat dibutuhkan terlebih dalam membangun karakter seorang anak.
Seperti yang kita ketahui karakter adalah kebiasaan atau tabiat seseorang dalam bertindak dan berperilaku setiap individu. Yang artinya karakter bisa dibentuk dan tidak muncul secara alami di dalam tubuh seorang anak, oleh karena itu seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan anak , karakter juga akan semakin terbentuk. Dalam hal ini peran orang tua sangat besar dalam perkembangan dan pertubuhan karakter setiap anak.
Menurut Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd berikut adalah tips membentuk karakter anak yang berkualitas
1. Konsistensi orang tua
Dalam membangun karakter anak konsistensi orang tua sangat dibutuhkan mulai dari ucapan, tingkah laku, pemikiran. Oleh sebab itu jika orang tua ingin membentuk karakter positif di dalam diri seorang anak, maka dibutuhkan konsistensi dari oran tua.

Dalam proses pembentukan karakter seorang anak, orang tua juga harus sesuai dengan aturan yang sedang dijalankan. Usahakan jangan ada toleransi dalam proses menjalankan pembentukan karakter anak.

2. Berkelanjutan dalam membangun karakter anak
Berkesinambungan ataupun berkelanjutan sangat erat hubunganya dengan konsistensi. Struktural dan berkesinambungan yang terus sangat dibutuhkan agar bisa terciptanya karakter baik seorang anak.

Dengan kata lain, berkesinambungan atau berkelanjutan adalah proses membimbing, mendidik serta mengasuh anak untuk bisa mendapatkan karakter anak yang berkwalitas. Karakter anak akan terbentuk dengan sendirinya jika orang tua mau mengajarkanya secara berkelanjutan. Orang tua harus sering mengupdate informasi yang berkaitan dengan pendidikan si anak secara berkesinambungan sesuai perkembangan anak, karena mendidik anak usia dini dengan mendidik anak usia remaja tentu berbeda.

3. Lakukan dengan konsekuen
Konsekuensi yang harus diterima oleh orang tua yaitu saat orang tua marah dan anak menangis. Orang tua harus tetap konsekuen jika sang anak berbuat kesalahan, memberi pujian jika si anak berbuat baik dan memberi hukuman jika berbuat salah, agar anak mengetahui mana yang dianggap baik dan mana yang dianggap buruk.
Itulah beberapa tips membangun karakter anak usia dini, dan jangan lupa dalam membentuk karakter anak yang positif pastikan lingkungan anak tesebut juga baik. Karena lingkungan juga berpengaruh sangan besar dalam pembentukan karakter seorang anak.

author
No Response

Leave a reply "Tips Membangun Karakter Anak Usia Dini"