Tips Menjaga Kesehatan Psikologi Juga Otak Anak

psikologi anakPsikologi Anak – Sebagai orang tua tentu akan sangat bangga bila memiliki anak yang bisa berfikir dengan cerdas dan beraktifitas dengan aktif. Banyak orang tua yang mendukung setiap kegiatan anak, tetapi orang tua tentu juga akan mendidik anak agar bisa menjadi apa yang diharapkan oleh orang tua.

Anak yang memiliki otak yang cerdas juga psikologi yang baik, sangat di tunjang dari peran orang tua sewaktu anak masih dalam proses perkembangan. Berikut ini adalah berberapa tips untuk menjaga kesehatan psikologi juga otak anak.

  • Awali  hari dengan sarapan sehat.

Sarapan memberikan energi bagi tubuh untuk beraktivitas hingga siang hari. Jika anak sampai kelaparan saat belajar di sekolah, maka berefek angsung pada kemampuan menangkap pelajaran. Konsentrasi dan kemampuan memorinya bisa menurun. Olehkarena itu, siapkan makanan sehat buat anak Anda. Anda bisa menyiapkan susu, telur rebus, ikan, sayuran, buah, dan berbagai makanan sehat lainnya.

  • atau aktif secara fisik dengan teratur.

Anak yang cenderung aktif fisiknya lebih mudah dalam melakukan konsentrasi. Otak menjadi lebih responsif terhadap lingkungan. Ajaklah anak untuk lebih aktif setiap hari. Misalnya mengajaknya berjalan-jalan selama 10 menit atau mendorongnya berolahraga beberapa kali dalam satu minggu.

  • Sediakan makanan kaya nutrisi.

Saat memberikannya makanan utama atau makanan ringan, pilihlah dari jenis makanan bergizi tinggi dan rendah lemak jenuh. Otak dan tubuh anak memerlukan nutrisi untuk tumbuhkembangnya. Minimal sediakan makanan utama yang memiliki tiga dari lima kelompok makanan berupa biji-bijian, buah-buahan, sayuran, susu dan alternatif non – susu, dan lemak sehat serta protein. Sementara untuk makanan ringan sebaiknya memiliki dua atau tiga dari kelompok makanan tersebut.

  • Usahakan untuk selalu mencukupi kebutuhan tidur.

Tidur berkaitan erat dengan kemampuan otak. Sama seperti tubuh, otak perlu istirahat setelah seharian bekerja. Kekurangan tidur membuat anak mengantuk di siang hari dan kurang mampu menangkap maupun konsentrasi dalam belajar. Ini akan mengganggu prestasi akademik anak.

No Response

Leave a reply "Tips Menjaga Kesehatan Psikologi Juga Otak Anak"