Tumbuh Kembang Balita – Fase Perkembangan Balita Usia 3 – 5 Bulan

perkembangan bayi dan balita

Tumbuh Kembang balita – Buah hati anda sekarang sudah berumur 3 bulan dan bukan merupakan balita baru lahir lagi. Memasuki bulan ke-3 anda mengasuh bayi anda dan mengamati tumbuh kembang balita, anda akan mulai memahami kepribadian dan tumbuh kembang bayi anda.

Anda belajar apa yang disukai dan tidak disukai balita, juga apa yang membuat bayi anda menangis misalnya karena lapar, mengantuk atau popok basah.

Tumbuh kembang bayi usia 3 bulan: Kemampuan motorik

  • Refleks bawaan lahir seperti refleks kaget yang diperlihatkannya pada beberapa bulan awal biasanya berangsur-angsur hilang sekarang.
  • Otot lehernya bertambah kuat dan bisa menopang kepalanya tanpa atau hanya sedikit terhuyung-huyung pada posisi tegak.
  • Tumbuh kembang bayi 3 bulan – Tubuh bagian atas sudah cukup kuat untuk menopang kepala dan dadanya dengan tangan pada waktu ditengkurapkan.
  • Mulai bisa menjulurkan kaki dan menendang.
  • Menunjukkan tanda-tanda awal koordinasi mata dan tangan – membuka dan menutup tangan, memukul ke arah mainan warna warni yang berjuntai, meraih mainan atau giring-giring sekilas,bermain dengan tangan dan memasukkan tangan ke mulut.
  • Ia bahkan mungkin mulai menyadari bahwa ia bisa membuat suara dengan menggerakkan giring-giring nyaman. Ini merupakan awal pemahaman balita akan hubungan sebab akibat.

Pada usia bayi yang kelima bulan maka tumbuh kembang balita semakin pesat. Sang bayi sudah semakin mahir untuk mempergunakan segala fungi organ tubuhnya. Pada tumbuh kembang bayi 5 bulan, si bayi sudah bisa membuat berbagai suara dengan lidah dan bibirnya

Suara yang paling sering terdengar adalah suara berdecak dan menggumam, selain itu, tumbuh kembang balita usia 5 bulan juga sudah bisa dan mulai mempelajari suara-suara disekitarnya dan kemudian menirunya.

Ini adalah sebenarnya mekanisme bayi untuk memulai kemampuan berbahasanya. Sehingga anda akan sering mendengar bayi menggumamkan kata-kata atau suara yang sama berulang kali.

Pada fase tumbuh kembang balita usia inilah juga bayi usia 5 bulan bisa mulai tertawa. Untuk merangsang sang bayi agar tertawa atau membuat suara dengan mulutnya, cobalah membuat tanggapan saat balita anda tertawa ataupun anda membuat gerakan yang bisa merangsang balita untuk tertawa.

Selain itu, dengan kemampuan awal berbahasanya, bayi usia 5 bulan sudah bisa memberikan suara yang berbeda ketika dia lapar atau sedang pup.

No Response

Leave a reply "Tumbuh Kembang Balita – Fase Perkembangan Balita Usia 3 – 5 Bulan"