Tumbuh Kembang Balita – Perkembangan Pada Bayi Usia 3 – 4 Bulan

perkembangan bayi

Tumbuh Kembang Balita – Kesehatan dalam tumbuh kembang balita tentu sangat diharpkan oleh setiap orang tua. Tetapi setiap perkembangan balita sangat di tunjang dari bantuan dari orang tua. Tumbuh kembang balita sangat dipengaruhi oleh pola bantu orang tua. Orang tua akan selalu memberikan segalanya ntuk perkembangan balita.

Mungkin bagi orang tua yang baru saja memiliki anak tentu akan mengalami sedikit kebingungan untuk menjaga kesehatan tumbuh kembang balita. Untuk para orang tua baru, tidak perlu kahwatir terhadap tumbuh kembang balita, orang tua cukup memberikan asupan bergizi secara teratur dan juga mengajarkan pola hidup sehat.

Tetapi untuk anak yang berusia sangat dini tentu orang tua akan terkejut bila anak bisa melakukan aktifitas baru. Di usia 3 dan 4 bulan balita bisa melakukan aktiftas baru, antara lain adalah tengkurap dan mengangkat kepala.

  • Tumbuh Kembang Bayi Usia 3 Bulan – Tengkurap.

Tengkurap terjadi ketika bayi berhasil bertumpu pada perutnya dan bertahan pada posisi tersebut beberapa saat. tumbuh kembang Anak tengkurap diawali dengan kemampuan memiringkan badannya ke kanan dan ke kiri, lalu ia belajar berguling di usia 1,5 – 2 bulan.

Balita Anda belajar tengkurap pertama kali pada satu sisi, dilanjutkan di sisi lain, kemudian berbalik lagi. Ketika mencapai usia 3-4 bulan, saat otot lehernya semakin kuat  ia dapat berbaring telentang dengan memandang lurus ke depan. Lengan dan kakinya pun lebih bebas bergerak sejalan dengan kemampuannya menggerak-gerakkan kepalanya.

Ia juga mulai berlatih berguling dan mengangkat kepalanya dalam posisi tengkurap. Baru di usia 5 bulan ia bisa tengkurap sendiri.

  • Tumbuh Kembang Bayi Usia 4 Bulan – Mengangkat kepala.

tumbuh kembang balita Di usia 2 bulan balita Anda mampu mengontrol gerakan leher dan kepalanya. Ia dapat mengangkat kepala membentuk sudut 45 derajat dengan cara bertopang pada kedua tangannya saat usiannya 3 bulan. Di usia 4 bulan, balita bisa mengangkat kepalanya dengan sudut lebih besar yaitu 90º dalam posisi tengkurap.

Kemampuan mengangkat kepalanya ini membantu melatih ketajaman penglihatannya. Ia pun mulai menengadahkan kepalanya untuk mencari Anda bila mendengar suara Anda.

No Response

Leave a reply "Tumbuh Kembang Balita – Perkembangan Pada Bayi Usia 3 – 4 Bulan"