Yuk, Ajak Si Kecil Belajar Di Mana Saja

No comment 971 views

anak membaca

Tumbuh kembang balita – Mengajari anak belajar tak harus dilakukan di sekolah atau di ruang belajar saja. Sebab, lingkungan bisa menjadi guru yang paling baik untuk si Kecil mengenal lingkungannya lebih jauh. Untuk itu, jangan henti-hentinya untuk mengajaknya belajar di mana pun Anda dan dia selalu bersama.

Melihat perkembangannya yang makin hari makin menggemaskan tentu saja menjadi hiburan sendiri. Pasalnya, waktu kebersamaan itu menjadi hal  yang sangat menyenangkan dan tidak bisa tergantikan oleh apa pun. Untuk menjadikan si Kecil tumbuh menjadi manusia yang Anda impikan, dukunglah setiap pertumbuhannya tersebut dengan maksimal. Bagaimana cara mengajaknya belajar? Yuk, coba manfaatkan beberapa tempat ini sebagai media pembelajaran:

  • Saat di Meja Makan

Mengenalkan sesuatu yang baru pada si Kecil cukup susah apabila hanya dijelaskan saja. Manfaatkan waktu kebersamaan di meja makan tersebut dengan mengenalkan beragam jenis makanan, warna, jumlah, dan rasa. Hal ini menjadi sarana belajar yang efektif ketimbang hanya dijelaskan saja tanpa tahu bentuk konkretnya.

  • Saat di Taman

Nah, selain dapat menyegarkan otak, jalan-jalan di taman bersama si Kecil bisa menjadi cara belajar yang menyenangkan. Jika selama ini Anda mengenalkan macam-macam hewan dan tumbuhan melalui gambar saja, saatnya mengenalkan langsung dengan bentuk yang nyata. Misalnya, ketika melihat bunga, katakan apa jenisnya dan sebutkan warnanya.

Selain mengenalkan beragam jenis tumbuhan dan hewan, ajaklah si Kecil untuk mencoba beragam permainan seperti jungkat-jungkit, ayunan, dan komedi putar. Biarkan ia memilih mainan yang disukainya tetepi tetap dampingi untuk menjaga keselamatan si Kecil.

  • Saat di Dalam Mobil

Bergulat dengan jalanan yang macet bisa membuatnya bosan dan merengek untuk keluar mobil. Untuk menghindari hal tersebut, ajaklah si Kecil menikmati perjalanan dengan memperhatikan gambar baliho dan  pertokoan yang ada dipinggir jalan. Dari situlah, Anda bisa mengajarkan warna dan gambar yang ditemui di pinggir jalan.

Mendukung tumbuh kembang balita memang membutuhkan kesabaran ekstra untuk mendapatkan hasil maksimal. Anda perlu ingat, si Kecil memiliki pertumbuhan alami dan tidak bisa dipaksakan sesuai dengan kehendaknya. Namun, semuanya harus sesuai dengan jalur yang benar dan tetap aman untuk keselamatan si Kecil.

Jangan lupa untuk menyediakan makanan yang bergizi tinggi yang bisa mendukung tumbuh kembang balita dari dalam. Libatkanlah ia dalam beberapa acara Anda agar untuk mengajarkan banyak hal baru. Yuk, lakukan yang terbaik, ya!

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Ajak Si Kecil Belajar Di Mana Saja"