Yuk, Ajari Anak Membaca dengan Cara Menyenangkan

meningkatkan kecerdasan anak

Halo Moms, apa kabar si Kecil pagi ini? Apakah ia sudah lancar berbicara? Memasuki usia 2 tahun, biasanya si Kecil sudah mulai lancar berbicara. Bahkan, ketika melihat tulisan, ia mulai tertarik untuk membacanya meskipun belum tahu bagaimana caranya. Melihat potensi ini, orang  tua sudah bisa mengajari anak membaca dengan cara mengenalkan huruf terlebih dahulu.

Di pasaran, banyak sekali poster yang berisi abjad atau mainan anak yang bisa dipergunakan untuk mengajarinya belajar membaca. Meski usianya belum cukup untuk masuk sekolah, tak ada salahnya menumbuhkan kebiasaan baik ini sejak kecil. Namun, Anda jangan memaksakan anak membaca dengan duduk manis dan menghadap buku pelajaran. Lantas, bagaimana cara mengajari anak membaca dengan menyenangkan? Yuk, simak informasi menarik yang telah dirangkum redaksi berikut ini:

  • Membaca dengan Suara Lantang dan Berintonasi

Moms, berekspresi lucu di depan si Kecil dapat menjadi cara unik untuk mengajari si Kecil membaca. Carilah buku dongeng yang memiliki banyak gambar lucu dan full color agar ia tertarik untuk melihatnya. Gunakan boneka tangan untuk memudahkan Anda menceritakan dongeng tersebut kepada si Kecil. Jangan malu menunjukkan mimik lucu pada si Kecil, ya!

  • Pilih Bacaan Pendek

Sama halnya dengan orang dewasa, si Kecil juga tak bisa berkonsentrasi dalam waktu lama. Ia bisa jadi memalingkan perhatiannya karena bosan jika terlalu lama mendengar cerita. Pilihlah buku cerita yang bisa dibaca dalam waktu 5 sampai 10 menit saja. Jangan lupa, untuk mengajaknya menirukan ekspresi Anda untuk melatihkan keterampilan motoriknya.

  • Mengajaknya Berinteraksi

Si Kecil akan senang sekali jika ia tak hanya sebagai pendengar setia saja. Libatkanlah buah hati tersayang dengan cara memberikan pertanyaan tentang beberapa gambar yang ada di buku. Misalnya, Anda menunjukkan sebuah bunga indah, lalu tanyakan padanya “Bunga apa itu?”. Dari sinilah ia akan berpikir keras untuk mengetahui nama dari bunga tersebut. Namun, jika ia tidak tahu, berikan penjelasan mengenai bunga tersebut. Suatu saat, ajaklah si Kecil berjalan-jalan ke tempat yang ada bunga tersebut lalu tunjukkan padanya agar ia tahu bentuk aslinya.

Mengajari anak membaca membutuhkan kesabaran ekstra. Sebab, anak-anak mudah untuk mengalihkan konsentrasi ketika melihat sesuatu yang lebih menarik. Untuk itu, sebagai orang tua cerdas, ikutilah keinginannya dan berikan kebebasan pada si Kecil memilih buku cerita favoritnya. Selamat belajar membaca, ya!

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Ajari Anak Membaca dengan Cara Menyenangkan"